Kaca Helm Baret Jangan Dibuang, Bisa Dibuat Kembali Mulus

Ilustrasi kaca helm.
Sumber :
  • Dok: Heltic 3 in 1.

VIVA Otomotif – Helm adalah salah satu perlengkapan penting yang harus dipakai oleh pengendara sepeda motor. Fungsinya adalah melindungi kepala agar terhindar dari cedera saat terjadi kecelakaan.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Saat ini, di toko aksesori tersedia berbagai merek dan tipe helm. Harganya bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sebagian besar helm yang ditawarkan memiliki kaca di bagian depan. Kaca ini berguna sebagai pelindung mata dan wajah, sehingga pengendara tetap dapat fokus melihat kondisi jalan.

Kinerja Industri Pengolahan RI Kuartal I-2024 Moncer, BI: Ada di Fase Ekspansi

Namun, menjaga kaca helm tetap mulus bukanlah hal yang mudah. Terkadang kaca bisa tergores atau lecet, baik karena terjatuh saat digantung atau terkena kerikil yang terlempar oleh kendaraan di depan.

Ilustrasi poles kaca helm motor

Photo :
  • Tonupboys
Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama jika helm tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Mengganti kaca helm dapat menghabiskan biaya yang tidak sebanding dengan kerusakan yang hanya sedikit. Nah, pada kali ini akan dibahas tips otomotif menghilangkan baret pada kaca helm dengan biaya sekitar Rp10 ribu.

Dikutip dari laman Suzuki, Selasa 13 Juni 2023, jika baret pada kaca tidak terlalu parah, maka bisa dihilangkan dengan biaya yang terjangkau. Berikut caranya:

1. Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan
Anda akan memerlukan kertas amplas yang sangat halus dengan nomor grit 2.000 atau 5.000, kompon putih, air mengalir, sabun cuci helm, dan kain lembut.

2. Lepaskan kaca helm
Hapus kaca helm dari bagian utama helm. Pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak bagian lain dari helm.

3. Rendam kaca dalam air
Rendam kaca helm dalam air yang mengalir untuk menghilangkan debu dan partikel kecil yang menempel pada permukaannya.

4. Cuci kaca dengan sabun
Gunakan sabun cuci helm untuk membersihkan kaca secara menyeluruh. Gosok kaca dengan lembut menggunakan tangan atau spons yang lembut, pastikan semua kotoran terangkat.

5. Gosok baret dengan kertas amplas
Sambil kaca masih dalam keadaan basah, ambil kertas amplas yang sangat halus dan gosoklah bagian yang baret dengan gerakan melingkar. Pastikan tekanannya cukup ringan agar tidak merusak permukaan kaca. Anda juga bisa menggunakan air mengalir untuk membantu dalam penggosokan.

6. Gunakan kompon putih
Setelah selesai menggosok baret dengan kertas amplas, kaca kemungkinan akan tampak kusam. Keringkan kaca dengan kain lembut, lalu gosoklah bagian yang kusam menggunakan kompon putih. Pastikan Anda melakukannya dengan gerakan melingkar dan tekanan yang lembut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya