Begini Cara Aman Berkendara dengan Motor Listrik

Motor listrik Honda EM1e debut di Eropa
Sumber :
  • Electrek

Cikarang – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali melakukan uji kompetensi instruktur keselamatan berkendara melalui The 14th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2023, yang berlangsung pada 12-15 Juni di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Kompetisi safety riding Honda sudah bergulir sejak 2007, dan masih mempertahankan visi untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman dalam berkendara di tengah masyarakat. 

Pada AHSRIC 2023, Honda menggunakan CB400 di kelas Big Bike, CB150 di kelas Sport, dan Vario160 di kelas Skutik. Sejauh ini, Honda belum menggunakan motor listrik sebagai kendaraan kompetisi safety driving

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Johanes Lucky selaku Safety Riding PT Astra Honda Motor mengatakan bahwa saat ini AHM tengah mengembangkan materi edukasi untuk safety driving menggunakan motor listrik, meskipun belum bisa diterapkan. 

AHM selenggarakan kompetisi instruktur safety riding

Photo :
  • Arianti Widya
Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

"Terkait edukasi safety riding, kami telah mengembangkan materi nya. Ada beberapa prinsip yang sama antara motor listrik dan motor biasa, juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sudah berkendara menggunakan motor listrik. Namun, secara garis besar masih mirip," ujar Johanes Lucky di sela-sela acara kompetisi AHSRIC 2023, di AHM Safety Riding & Training Center, dikutip VIVA Otomotif Kamis 15 Juni 2023. 

Menurutnya, ada beberapa perbedaan antara berkendara dengan motor listrik dan motor biasa, "Yang membedakan ya suara, getaran, feeling ketika buka tutup gas nya. Itu yang perlu diperhatikan,"  tuturnya.

"Kalau kita menggunakan motor listrik kan suara mesin nya tidak terdengar, jadi pengendara lain bisa saja tidak sadar dengan keberadaan kita. Nah, kita siapkan materi itu," tambahnya. 

Terkait dengan kapan materi edukasi ini akan diterapkan, Johanes Lucky mengatakan bahwa pihaknya masih melihat pengguna-pengguna Honda masih belum menggunakan motor listrik, jadi belum bisa diberikan. 

"Nanti kalau sudah saatnya menggunakan motor listrik, baru kita berikan edukasi tersebut. Karena sementara ini, training-training, termasuk permintaan dari peserta belum ada," jelasnya. 

AHM selenggarakan kompetisi instruktur safety riding

Photo :
  • Arianti Widya

Lebih lanjut, berbeda dengan motor konvensional atau bensin yang memiliki banyak pergerakan mekanis di dalam mesinnya dan juga menghasilkan suara. Sehingga, pengendaranya bisa merasakan motor tersebut. Maka dari itu, cara mengendarai motor listrik sedikit berbeda dengan motor biasa. Pengendaranya disarankan untuk melakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu, seperti penyesuaian penggunaan gas. 

Tiap motor listrik juga berbeda-beda karakter gasnya. Ada yang langsung mengeluarkan tenaga sesuai dengan kapasitasnya. Tapi, ada juga yang menggunakan sensor dan tenaga yang dihasilkan sesuai dengan putaran gas.

Beberapa waktu lalu, AHM telah mengumumkan bahwa setidaknya ada dua model motor listrik yang akan dibawa dan diproduksi di Indonesia tahun ini, seperti Honda EM1 e. Secara total, ada 7 motor listrik yang akan diluncurkan oleh AHM secara bertahap mulai 2023 sampai 2030.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya