Tips Memilih Lampu LED Berdasarkan Fungsinya

VIVA Otomotif: Ilustrasi lampu LED
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Tangerang –  Lampu kendaraan yang menggunakan teknologi Light Emitting Diode alias LED, saat ini semakin banyak peminatnya. Selain sinar yang dihasilkan lebih terang dari halogen, konsumsi dayanya juga lebih hemat.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Meski demikian, pemilik kendaraan perlu mengetahui cara memilih lampu LED. Hal ini tidak hanya melibatkan faktor estetika, tetapi juga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Warna lampu LED memiliki peran penting dalam memberikan penerangan optimal, dan menciptakan tampilan visual yang menarik.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

1. Lampu Utama
Lampu utama adalah mata kendaraan di malam hari. Untuk lampu utama, pilihlah lampu LED dengan warna cahaya putih bening (6.000K-6.500K).

Hal ini dikarenakan lampu jalan raya di kota besar di Indonesia umumnya memiliki temperatur warna 4.000 K atau putih kekuningan.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

“Jika kita memilih lampu yang memiliki temperatur warna yang sama dengan lampu jalan raya, besar kemungkinan saat di jalan raya, lampu mobil atau motor kita menyatu dengan warna lampu jalan alias tidak terlihat terangnya,” ujar National Sales Manager Rayton Indonesia, Tommy di pameran GIIAS 2023, dikutip VIVA Otomotif Rabu 15 Agustus 2023.

VIVA Otomotif: Ilustrasi lampu LED

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

2. Lampu Senja
Lampu senja memiliki peran penting dalam memberikan tanda kehadiran kendaraan Anda kepada pengendara lain. Pilihlah lampu LED dengan warna cahaya putih hangat (4.300K-6.000K) untuk lampu senja. Warna ini memberikan tampilan yang menyenangkan pada kendaraan Anda tanpa menyilaukan pengendara lain.

3. Lampu Rem
Lampu rem harus menarik perhatian pengendara di belakang Anda secara cepat dan efektif. Pilihlah lampu LED dengan warna cahaya merah terang (sekitar 6.000K) untuk lampu rem. Warna merah yang cerah akan memberikan peringatan yang jelas kepada pengendara di belakang Anda saat Anda menginjak rem.

4. Lampu Kabut
Lampu kabut berfungsi membantu Anda melihat dengan jelas dalam kondisi kabut, hujan, atau salju. Pilihlah lampu LED dengan warna cahaya kuning keemasan (2.800K-3.000K) atau putih kekuningan (4.300K) untuk lampu kabut. Warna-warna ini dapat membantu tembus kabut dan hujan, memberikan visibilitas yang lebih baik.

Sebagai informasi, Rayton meramaikan pameran GIIAS 2023 dengan produk lampu RTD yang tersedia dalam berbagai jenis dan kualitas.

Meeka juga memiliki program menarik untuk pengunjung, yakni pembagian barang promosi edisi terbatas serta potongan harga Rp78 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya