4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

VIVA Otomotif: Ilustrasi AC mobil
Sumber :
  • Dok: SIS

JakartaCuaca panas yang melanda Indonesia dalam beberapa minggu terakhir membuat berkendara menjadi lebih tidak nyaman, terutama ketika kita masuk ke dalam mobil yang telah terparkir di bawah sinar matahari.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Suhu di dalam kabin mobil bisa menjadi lebih panas dari suhu luar ruangan, membuat kita ingin segera menurunkan suhu AC mobil agar berkendara lebih menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips cepat yang dapat membantu Anda untuk menurunkan suhu AC mobil dengan efektif:

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

1. Menyalakan Mesin Terlebih Dahulu
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan mesin mobil sebelum memulai perjalanan.

Interior All New Suzuki Ertiga Hybrid

Photo :
  • VIVA Otomotif
Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

“Pastikan AC dalam posisi tidak aktif saat awalnya, sehingga mesin dapat berjalan lebih lancar,” ujar Assistant to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 25 September 2023.

2. Membuka Kaca Jendela Mobil
Setelah mesin mobil menyala, buka semua kaca jendela mobil, termasuk kaca pengemudi, penumpang baris pertama, dan penumpang baris kedua. Hal ini penting untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik di dalam mobil.

"Membuka jendela di tempat yang memiliki udara segar, bersih, dan terhindar dari debu serta bau yang kurang sedap akan lebih baik untuk kenyamanan Anda,” tuturnya.

3. Menyalakan AC
Langkah selanjutnya adalah menyalakan AC mobil. Nyalakan AC pada suhu terendah dan dengan hembusan udara yang besar. Anda juga dapat menggunakan fitur AC Auto selama 2 menit untuk cepat menurunkan suhu di dalam kabin mobil.

4. Menggunakan Sarung Mobil selama Parkir
Jika Anda tahu mobil Anda akan terparkir di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, pertimbangkan untuk menggunakan sarung mobil. Sarung mobil akan membantu melindungi interior mobil dari panas yang berlebihan dan paparan langsung sinar matahari.

"Pastikan untuk melakukan hal ini untuk menjaga kenyamanan berkendara Anda. Akan lebih baik jika Anda dapat memarkirkan mobil di tempat yang teduh, karena ini juga akan menjaga keawetan kendaraan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya