Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

VIVA Otomotif: Ilustrasi kaca mobil terbuka
Sumber :
  • Dok: HMID

Jakarta, 15 Oktober 2023 – Banyak orang yang beranggapan, bahwa mematikan AC dan membuka kaca mobil dapat menghemat bahan bakar.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Hal ini dikarenakan kompresor AC dapat membebani mesin, sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Namun, membuka kaca jendela juga dapat menyebabkan hambatan udara yang dapat mengurangi efisiensi mobil.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat membuka kaca jendela mobil. Berikut caranya, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Hyundai Indonesia:

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

VIVA Otomotif: Hyundai Stargazer X

Photo :
  • VIVA Otomotif

1. Jangan buka kaca terlalu besar.
Bukalah kaca secukupnya agar angin dapat masuk ke dalam kabin, tetapi tidak terlalu besar sehingga menyebabkan hambatan udara yang besar.

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

Ketika kaca jendela mobil dibuka, maka angin akan masuk ke dalam kabin dan menyebabkan hambatan udara. Hambatan udara ini dapat mengurangi efisiensi mobil, terutama pada kecepatan tinggi.

2. Buka kaca belakang yang posisinya diagonal.
Misalnya jika kaca pengemudi dibuka, maka buka juga kaca belakang kiri. Hal ini akan memungkinkan angin keluar dari mobil sehingga mengurangi hambatan udara.

3. Hindari membuka kaca saat kecepatan tinggi.
Saat kecepatan tinggi, hambatan udara akan semakin besar sehingga membuka kaca jendela akan semakin tidak efisien.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat konsumsi BBM misalnya mematikan AC ketika udara di luar tidak panas dan ubah sirkulasi udara supaya masuk dari luar.

Ilustrasi AC mobil

Photo :
  • Pixabay

Berikutnya yakni melakukan servis berkala, yang bisa mengembalikan kondisi mesin ke titik optimal sehingga pemakaian BBM jadi lebih irit.

Terakhir yakni mengemudikan mobil dengan kecepatan konstan serta tidak melakukan akselerasi berlebihan yang bisa berdampak pada penggunaan BBM lebih dari biasanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya