5 Bahan untuk Membersihkan Karat di Sepeda Motor

Sepeda motor berkarat
Sumber :
  • Dok: Wahana

Jakarta, 20 November 2023 – Karat merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada sepeda motor. Karat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan air, udara, dan zat kimia.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Proses korosi yang tidak segera dibersihkan dapat merusak besi motor, dan membuat kendaraan terlihat kusam. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan karat pada motor, dikutip VIVA Otomotif dari laman Astra Motor:

Sepeda motor berkarat

Photo :
  • Dok: Astra Motor
Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

1. Menggunakan bensin beroktan tinggi

Bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tinggi seperti Pertamax Plus, dapat membantu melarutkan karat. Pertama, campurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Lalu oleskan pada bagian motor yang berkarat. Gosok dengan sikat gigi atau sikat kawat hingga karat terangkat.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

2. Menggunakan oli bekas

Oli bekas juga dapat digunakan untuk membersihkan karat pada motor. Oleskan oli bekas secara merata pada bagian motor yang berkarat, kemudian nyalakan mesin motor dan biarkan panas selama beberapa menit. Gosok dengan sikat gigi atau sikat kawat hingga karat terangkat.

3. Menggunakan pembersih keramik

Pembersih keramik merupakan cairan yang memiliki sifat asam. Sifat asam ini dapat membantu melarutkan karat. Cara menggunakan pembersih keramik untuk membersihkan karat adalah dengan mengoleskan pembersih keramik pada bagian motor yang berkarat. Diamkan beberapa saat, lalu gosok dengan sikat gigi atau sikat kawat hingga karat terangkat.

4. Menggunakan Stempet

Stempet merupakan cairan yang memiliki sifat lengket, sehingga dapat membantu mencegah karat muncul kembali. Oleskan stempet pada bagian motor yang berkarat, kemudian diamkan beberapa saat lalu gosok dengan sikat gigi atau sikat kawat hingga karat terangkat.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan karat pada motor. Oleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat, lalu diamkan beberapa menit. Lanjutkan dengan menggosok memakai kain lap hingga karat terangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya