Deretan Masalah yang Muncul Jika Aki Sepeda Motor Soak

Aki sepeda motor
Sumber :
  • Dok: AHM

Jakarta, 23 Desember 2023 – Aki menjadi salah satu komponen dari sepeda motor, yang kondisinya harus selalu dijaga. Sebab, peranti ini punya peranan penting yang berhubungan dengan sistem kelistrikan dan mesin.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Astra Motor, dampak paling nyata yang terjadi jika aki dalam kondisi lemah atau soak, yakni masalah mesin. Tanpa aki, fitur starter elektrik mati total. Artinya, Anda harus bersusah payah menyalakan mesin pakai kick starter, terutama saat mesin dingin.

Tak cuma itu, lampu ikut meredup. Dinamo memang bisa menghasilkan listrik, tapi terbatas. Akibatnya, lampu motor jadi redup, apalagi saat mesin dalam kondisi idle. Bayangkan berkendara malam hari dengan lampu remang-remang.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Belum selesai, lampu sein pun ikut tidak berfungsi. Tanpa aki, lampu sein tak bisa berkedip normal, malah menyala terus atau berkedip terlalu cepat. Hal itu tentu saja akan membuat pengguna jalan lain kebingungan.

Ilustrasi aki motor

Photo :
  • Federal Oil
Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Terakhir, perangkat kelistrikan cepat rusak. Aki berperan menstabilkan arus listrik dari dinamo. Tanpa aki, arus jadi tak stabil dan berpotensi merusak lampu, klakson, hingga komponen elektronik lainnya. Jadi, bersiaplah dengan biaya ekstra.

Itu sebabnya, aki motor harus selalu diperiksa secara berkala. Caranya mudah, yakni dengan melakukan perawatan di bengkel resmi. Teknisi akan memastikan kondisinya selalu prima, sembari memeriksa komponen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya