Tips Mencegah Ponsel Overheating Saat Mengemudi

Smartphone di mobil / dudukan ponsel
Sumber :
  • Autoevolution

Jakarta, 11 Februari 2024 – Ponsel telah menjadi pendamping mengemudi yang wajib dimiliki bagi banyak pengemudi, terutama di mobil yang dilengkapi dengan Android Auto dan CarPlay.

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Pengalaman yang ditingkatkan ini memiliki manfaat yang signifikan, termasuk akses tanpa gangguan ke fitur ponsel tanpa khawatir teralihkan perhatian.

Google Assistant dan Siri memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon, mengonfigurasi navigasi, dan memainkan lagu tertentu tanpa melihat layar.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Kemampuan ini tersedia di mobil dengan atau tanpa Android Auto dan CarPlay. Misalnya, menghubungkan perangkat seluler ke sistem Bluetooth kendaraan memungkinkan pengemudi untuk mendengarkan musik menggunakan speaker mobil. Hal yang sama berlaku untuk panggilan telepon dan panduan navigasi.

Namun dikutip VIVA Otomotif dari laman Autoevolution, kelemahan besar dari mengandalkan smartphone untuk kemampuan mengemudi yang penting adalah bahwa perangkat seluler terkadang terlalu panas, terutama saat menjalankan tugas yang lebih menuntut.

Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Aplikasi seperti Google Maps dapat menjadi proses yang sangat menuntut, karena menggunakan layar dan sensor GPS untuk menghasilkan petunjuk arah belok demi belok. Overheating kemungkinan terjadi jika perangkat seluler juga dicolokkan untuk pengisian daya.

VIVA Otomotif: Wireless charger di mobil

Photo :
  • Dok: HMID

Menjaga ponsel Anda tetap dingin bahkan lebih sulit saat cuaca panas, jadi bahkan hal sederhana seperti memainkan lagu di Spotify dapat menyebabkan ponsel Android atau iPhone Anda memasuki mode perlindungan.

Smartphone modern dilengkapi dengan sistem perlindungan overheating, sehingga mereka mengunci akses ke perangkat hingga dingin.

Berikut adalah cara termudah untuk menghindari melihat layar ini dan menjaga ponsel Anda tetap aktif dan berjalan saat mengemudi meskipun suhu di luar.

1. Jangan Simpan Ponsel di Bawah Sinar Matahari Langsung
Banyak orang menggunakan dudukan ponsel yang dipasang di dasbor atau kaca depan. Cara pemasangan ini memudahkan pengemudi untuk melihat perangkat seluler tanpa mengalihkan pandangan dari jalan. Kekurangan utama adalah perangkat terus-menerus terkena sinar matahari langsung.

2. Pasang Ponsel di Ventilasi Udara
Saat cuaca panas, sistem AC mobil terus-menerus meniupkan udara dingin untuk mendinginkan kabin. Memasang ponsel ke ventilasi udara dapat membantu menjaga perangkat tetap dingin, bahkan saat menjalankan proses yang lebih menuntut.

3. Isi Daya Hanya Saat Diperlukan
Semakin cepat pengisi daya, semakin besar kemungkinan menyebabkan panas berlebihan, jadi gunakan pengisi daya lambat atau jangan gunakan pengisi daya sama sekali, jika memungkinkan.

4. Gunakan Navigasi dengan Layar Mati
Sebagian besar pengguna lebih suka tetap fokus pada aplikasi navigasi di perangkat seluler mereka, tetapi mengaktifkan layar sepanjang waktu juga dapat menyebabkan overheating.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya