Penyebab Ban Tidak Bisa Diisi Angin dan Solusinya

Ilustrasi ban mobil kempis.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, 21 Februari 2024 – Pernahkah Anda mengalami ban kendaraan kempis dan tidak bisa diisi angin? Hal ini tentu bisa membuat panik dan menghambat perjalanan Anda.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Ada beberapa penyebab ban tidak bisa diisi angin, dan berikut adalah beberapa di antaranya beserta solusinya, dikutip VIVA Otomotif dari berbagai sumber:

1. Pentil Ban Tersumbat
Penyebab paling umum ban tidak bisa diisi angin adalah pentil ban yang tersumbat. Hal ini bisa terjadi karena kotoran, debu, atau cairan antibocor yang menyumbat lubang pentil.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Solusi:
Coba bersihkan pentil ban dengan menggunakan tusuk gigi atau alat pembersih pentil. Jika pentil masih tersumbat, coba buka pentil dengan kunci pentil dan bersihkan bagian dalamnya. Jika pentil sudah rusak, gantilah dengan pentil yang baru.

Pentil ban motor.

Photo :
  • Motorcyclecruiser.com
Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya

2. Pentil Ban Bocor
Pentil ban yang bocor juga bisa menyebabkan ban tidak bisa diisi angin. Hal ini bisa terjadi karena karet pentil yang sudah aus atau robek.

Solusi: Ganti pentil ban dengan yang baru.

3. Ban Sobek
Jika ban Anda sobek, maka angin akan keluar dari ban dan tidak bisa diisi kembali.

Solusi: Tambal ban yang sobek atau ganti ban dengan yang baru.

5. Kebocoran Pada Ban Tubeless
Ban tubeless yang bocor bisa menyebabkan angin keluar secara perlahan. Hal ini bisa terjadi karena adanya lubang kecil pada ban yang disebabkan oleh benda tajam.

Solusi: Gunakan cairan antibocor untuk menambal lubang kecil pada ban. Jika lubang terlalu besar, bawa ban ke bengkel untuk ditambal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya