Tips Menjaga Kesehatan Mesin Mobil saat Mudik Lebaran

Ilustrasi mesin mobil overheat
Sumber :
  • Dok: ADM

Jakarta, 5 April 2024 – Mudik Lebaran merupakan momen spesial bagi banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan handai taulan di kampung halaman. Hal ini dilakukan menggunakan beragam jenis transportasi, termasuk mobil pribadi.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Tahun ini, diprediksi akan terjadi lonjakan pemudik dengan potensi pergerakan mencapai 193,6 juta orang. Meningkatnya volume kendaraan di jalanan berpotensi meningkatkan beban kerja mesin dan memicu overheat.

Untuk memastikan perjalanan mudik Anda nyaman dan aman dengan performa mesin maksimal, Bardahl sebagai merek pelumas dan aditif yang sudah hadir sejak 1939 bisa menjadi pilihan.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Sebelum memulai perjalanan, penting untuk melakukan persiapan kendaraan yang matang. Pastikan Anda melakukan pergantian oli mesin dan filter oli.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Salah satu opsinya yakni Bardahl XTC S9, yang diformulasikan khusus untuk memberikan perlindungan maksimal pada mesin, meningkatkan akselerasi, dan menjaga kestabilan mesin pada suhu tinggi.

Lalu, pastikan air radiator dalam kondisi cukup dan tidak ada kebocoran. Demikian pula dengan aki, cek kondisinya supaya tetap baik dan terminal aki tidak berkerak.

Pastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi kendaraan, demikian pula dengan rem yang harus berfungsi dengan baik. Periksa apakah semua lampu kendaraan berfungsi dengan normal.

Jika dibutuhkan, bisa menggunakan pembersih sistem bahan bakar seperti Bardahl Ultra Concentrated Complete Fuel System Cleaner untuk membantu membersihkan deposit karbon di sistem bahan bakar dan meningkatkan performa mesin.

Ada juga Bardahl B1 dan B2 Engine Treatment, yakni aditif pelumas yang secara khusus dirancang untuk meningkatkan reduksi gesekan logam pada mesin.

“Bardahl B1 peruntukkannya khusus mobil usia pakai 1 hingga 5 tahun dengan akumulasi jarak tempuh di bawah 80 ribu kilometer, dan Bardahl B2 untuk usia mobil yang lebih tua dengan jarak tempuh sudah di atas 80 ribu kilometer,” ujar Vice President Bardahl Indonesia, Pudjijarto Sutjipto, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya