Lampu Motor Kusam dan Berembun? Atasi dengan Tips Ini

Pengendara motor melaju di tengah hujan deras.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVAnews - Di musim penghujan ini kendaraan harus mendapat perawatan ekstra. Hal ini karena air hujan bisa masuk ke beberapa bagian kendaraan dan mengakibatkan komponennya rusak.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Salah satu komponen sepeda motor yang kerap jadi sasaran air hujan adalah lampu depan. Air yang masuk ke bagian dalam lampu dapat menyebabkan pengembunan. Hal ini tentu sangat berbahaya, karena air yang menguap akibat panas lampu bisa saja masuk ke bagian soket dan mengakibatkan hubungan pendek.

Selain itu, bila hal ini dibiarkan secara terus-menerus, mika lampu yang dibuat dari bahan plastik lama-kelamaan akan menguning. Hasilnya lampu kurang maksimal menerangi jalanan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun, ada cara mudah untuk mengatasi agar air tidak dapat masuk ke bagian dalam lampu. Simak caranya, seperti yang dilansir dari situs Welovehonda, Senin 12 Januari 2015, berikut ini:

1. Copot rumah lampu dari sepeda motor. Biasanya pemilik harus membuka penutup yang ada di bagian setang, atau fairing, tergantung posisi lampu.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

2. Buka bohlam lampu dan simpan di tempat yang aman. Kemudian, ambil air hangat, sikat dengan cairan yang biasa digunakan untuk mencuci piring.

3. Bersihkan bagian reflektor lampu dengan campuran air hangat dan sabun cuci. Sikat bagian luar lampu dengan siat gigi bekas. Kemudian bilas dengan air bersih hingga sisa sabun terangkat seluruhnya.

4. Keringkan rumah lampu di tempat yang banyak sinar matahari. Apabila sudah kering, ambil sealant, lalu oleskan ke sambungan mika dan reflektor. Pastikan seluruh sisi terlapisi sealant.

5. Biarkan hingga kering sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan sealant. Rakit kembali lampu dan coba nyalakan untuk memastikan sambungan kabel tidak ada masalah. (art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya