4 Cara Parkir Aman di Tanjakan atau Turunan

Parkir di jalanan miring.
Sumber :
  • Indoblazer

VIVA.co.id - Terkadang ada satu kondisi dimana Anda diharuskan memarkirkan kendaraan di jalanan menanjak atau menurun. Tentunya perlakuan terhadap mobil berbeda ketimbang memarkirkan kendaraan di tempat normal alias rata.

Sebab, gaya gravitasi bumi mengakibatkan mobil yang diparkir di jalan menurun atau menanjak cenderung bergerak ke arah yang lebih rendah. Jika tidak berhati-hati saat memarkir, akan timbul kemungkinan mobil Anda meluncur.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, ada sejumlah tips yang bisa Anda terapkan. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir AstraWorld, Selasa, 23 Februari 2016:

1. Aktifkan rem tangan

Pastikan rem tangan telah aktif dengan maksimal. Agar kendaraan tidak bergerak sedikit pun baik maju atau mundur. Pada posisi parkir menanjak atau pun menurun, usahakan menarik lebih kuat rem tangan (hand brake) karena rem tangan akan bekerja lebih ekstra untuk menahan roda agar tidak berputar.

2. Posisikan perseneling pada gigi satu atau di ā€˜Pā€™

Disarankan untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi gigi satu atau mundur untuk mobil bertransmisi manual. Sedangkan untuk mobil bertransmisi otomatis posisikan stik transmisi pada posisi ā€˜Pā€™. Kedua posisi ini sangat disarankan ketika mobil diparkir di tanjakan atau turunan. Agar roda yang bertugas sebagai penggerak akan terkunci.

3. Posisikan roda depan ke sisi kiri atau kanan

Ketika parkir di tanjakan, putar roda depan hingga sisi bagian belakang salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bidang yang lebih tinggi dari jalan. Agar ketika hal buruk terjadi, yaitu kendaraan Anda berjalan turun tiba-tiba ke arah yang lebih rendah, posisi ban tadi menjaga kendaraan Anda tidak bergerak karena ditahan oleh trotoar tersebut.

4. Ganjal roda depan dengan balok atau batu bata

Jika lokasi parkir sangat terjal dan licin, tambahkan dengan ganjalan pada bagian roda depan dan belakang secara menyilang. Misalkan roda yang diganjal adalah roda bagian depan kiri dan bagian roda belakang kanan agar posisi parkir mobil lebih kuat dan aman.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016