Waspada, Lagi Marak Pencurian Mobil Gunakan Koin

Teknik pencurian mobil dengan koin.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Belakangan ini aksi pencurian mobil terus terjadi. Modus serta tekniknya pun bermacam-macam, semakin bertambah dan sulit untuk dikenali.

Teknik pencurian yang terbaru adalah menggunakan koin. Trik ini dilakukan dengan cara mengganjal gagang pintu dengan koin ketika mobil sedang diparkir di tempat umum. Setelah itu maling akan dengan mudah membuka pintu dan masuk ke dalam mobil ketika pengemudi sudah tidak ada.

Menurut Dadi Hendriadi, Division Head Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), trik ini memang mungkin berhasil membuat pintu tidak terkunci sebagaimana mestinya. "Mungkin seperti mengganjal mekanisme door lock di pintu tersebut," ujar Dadi seperti dilansir situs resmi Toyota, Jumat 11 Maret 2016.

Meski begitu, ternyata tidak semua mobil bisa digagalkan mekanisme pengunciannya hanya dengan menggunakan teknik koin ini. Ada sejumlah mobil yang tidak mempan dengan teknik koin ini.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

"Rasanya itu juga tergantung dari model dan mekanisme penguncian pintunya," tambahnya.

Meski belum diuji secara langsung, Dadi yakin jika akan semakin banyak pencuri yang berusaha menemukan teknik-teknik baru untuk membobol mobil. Misalnya saja beberapa kasus yang sering terjadi akhir-akhir ini di mana maling pun sudah bisa memecahkan kaca mobil tanpa membuat alarm mobil berbunyi dengan menggunakan busi.

"Karena itu pencegahan yang saya sebut tadi lebih penting daripada fitur pengaman di mobil," kata dia.

Ia berpendapat jika sebaik apapun teknologi yang ada, maling akan selalu mencari cara untuk menerobos sistem tersebut. Untuk itu, Anda sebagai pemilik kendaraan disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memarkir kendaraan, baik di tempat umum atau pun di dekat rumah. (ren)

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016