Wiper Mentok Kap Mesin Saat Diangkat? Ini Solusinya

Wiper mobil.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id – Bila Anda pemilik Nissan Juke, atau Volkswagen Golf, Anda mungkin mengalami kesusahan saat hendak mengangkat tangkai penghapus kaca depan (wiper).

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Hal itu disebabkan, posisi wiper sengaja diletakkan di balik kap mesin. Tujuannya, agar meminimalkan turbulensi akibat angin, sehingga suara yang dihasilkan angin tidak terlalu besar. Namun, akibatnya tangkai wiper tidak bisa diangkat, saat hendak mencuci mobil, atau parkir di terik matahari.

Dilansir dari Autoblog, Senin 14 Maret 2016, sebenarnya pabrikan otomotif sudah mengantisipasi hal tersebut. Mereka menyediakan fitur khusus yang dapat digunakan pemilik mobil, saat hendak mengangkat tangkai wiper mobil.

Mengapa Wiper Mobil di Indonesia Arahnya ke Kanan?

Fitur ini dinamakan windshield wiper service position. Cara mengaktifkannya, matikan mesin kendaraan, kemudian aktifkan wiper melalui tuas yang tersedia di belakang setir selama beberapa detik. Tangkai wiper akan bergerak ke posisi tengah dan berhenti.

Posisi ini juga memungkinkan pemilik mobil untuk mengganti karet wiper yang sudah usang, agar kaca dapat tetap bersih saat hujan deras turun. Setelah selesai mengganti karet, aktifkan lagi tuas wiper di balik setir.

Wiper Mobil Pakai Karet Sudah Kuno, Tesla Gunakan Laser

Sekedar informasi, beberapa pengemudi mobil gemar mengangkat tangkai wiper saat parkir di luar ruangan. Hal ini untuk mencegah karet wiper terkena panas berlebih dari kaca mobil, sehingga tidak mudah getas dan rusak.

Di beberapa negara yang mengalami musim dingin, mengangkat tangkai wiper juga dilakukan untuk mencegah karet wiper membeku dan lengket di kaca depan mobil. (asp)

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022