Trik Agar Mesin Motor Mudah Menyala Saat Musim Hujan

Pengendara motor melaju di tengah hujan deras
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id – Beberapa pemilik motor mungkin pernah mengalami kesulitan menghidupkan mesin saat musim hujan tiba. Hal ini wajar terjadi, karena suhu udara di musim hujan biasanya lebih dingin dibandingkan saat musim kemarau.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Alhasil, mesin butuh waktu lebih lama agar bisa beroperasi dengan normal. Lalu, adakah cara agar mesin motor bisa dihidupkan dengan mudah, terutama saat pagi hari?

Dilansir dari Bikesindia, Senin 31 Oktober 2016, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik motor agar mesin dapat dihidupkan tanpa butuh waktu lama.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Yang pertama yakni menghidupkan mesin dengan menggunakan engkol. Menghidupkan mesin dengan memakai starter elektrik bisa menguras aki, terutama jika hal ini dilakukan berulang kali.

Saat pagi hari, oli mesin masih berada di bak penampungan. Butuh putaran mesin beberapa kali agar oli bisa menyebar ke seluruh bagian mesin dan siap melumasi komponen.

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Sayangnya, kondisi aki tidak selalu siap untuk menghidupkan mesin berkali-kali. Jadi, pastikan menggunakan engkol, agar tidak timbul masalah pada aki.

Trik kedua adalah mengganti oli dengan kekentalan yang lebih rendah. Oli yang lebih encer bisa bersirkulasi lebih cepat saat mesin masih dalam kondisi dingin. Motor pun siap dipakai dalam hitungan menit.

Terakhir, pastikan menggunakan busi tipe panas. Busi tipe ini didesain agar menahan panas dari pembakaran bensin, sehingga mesin mencapai suhu optimal dengan waktu lebih singkat.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya