Ganti Karet Wiper Bisa Dilakukan Sendiri, Ini Caranya

karet wiper mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Saat musim hujan, penghapus kaca mobil atau wiper menjadi komponen yang wajib diperiksa. Sebab, setiap sapuannya dapat menentukan jarak pandang Anda saat di jalan.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Jika sapuan wiper sudah tidak maksimal, yang perlu diganti tentu karetnya. Lantas, bagaimana cara mengganti karet wiper, tanpa perlu membawa ke bengkel?

VIVA.co.id mempraktikkan langsung, cara ganti karet wiper yang mudah tanpa perlu merogoh kocek untuk membayar jasa bengkel.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Langkah pertama, siapkan karet wiper yang baru, sesuai ukuran. Lalu, lepas karet wiper serta rangkanya dari tangkai wiper.

Umumnya, karet wiper standar pabrik masih disematkan rangka berbahan plat. Untuk melepasnya, masukkan jari Anda ke tengah rangka pengait dan tekan klip ke dalam.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Cara ganti karet wiper mobil.

Klip pengait wiper mobil (Foto: VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

Nah, jika klip sudah ditekan, tinggal dorong saja rangka wiper ke bawah. Jika sudah terlepas dari tangkai wiper, lepas karet lama dari rangka, dengan cara menarik klip karet pada ujung rangka.

Setelah itu, masukkan karet yang baru, dengan cara menggeser karet dari bawah sampai atas. Lalu, kunci kembali klipnya dan pastikan karet berada di rel rangka.

Jika menggunakan karet wiper aftermarket yang sudah satu set dengan rangka, tidak perlu repot mencopot karet dari rel. Cukup kaitkan kembali rangka dari bawah ke atas untuk menguncinya.

Cara ganti karet wiper mobil.

Tangkai wiper (Foto: VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya