Cara Benar Bersihkan Karpet Mobil PVC Coil, Wajib Tahu

Karpet mobil berbahan PVC Coil.
Karpet mobil berbahan PVC Coil.
Sumber :
  • Yuma.com.my

VIVA.co.id – Banyak ragam model karpet mobil yang dijual saat ini. Tapi yang sedang tren adalah karpet dengan bahan PVC Coil, dengan tampilan keriting seperti mie instan. Sama seperti yang lainnya, karpet mobil bahan ini juga membutuhkan perawatan.

"Kalau kita bawa koper atau barang dan diseret, itu merusak karpet. Kalau nyangkut, lama kelamaan pasti rusak," kata Marketing Executive Comfort Indonesia, Ricky, di Jakarta, Selasa 8 Mei 2017.

Dia mengatakan, untuk membersihkan atau mencuci karpet dengan bahan ini, tak boleh sembarangan. Sebab, bisa merusak material dari PVC Coil itu.

"Tidak disarankan disikat, karena serabutnya bisa nyangkut, bisa bikin putus. Kalau bahan PVC tidak menyerap air, sifatnya hanya menyimpan. Jadi kalau ketumpahan air, cukup tekan dengan kain atau kanebo," ujarnya menambahkan.

Pada saat musim hujan, cara membersihkan karpet mobil dengan bahan PVC Coil disarankan tak langsung dibasahkan saat karpet kotor terkena tanah.

"Kalau kena tanah basah, lebih baik tunggu dia kering, kan jadi pasir tuh. Tinggal divakum pun cukup. Kalau dia basah, susah bersihkannya. Disemprot air enggak masalah sih, tapi lebih baik tunggu kering," ujarnya menyerahkan. (mus)