Naik Motor Aman Saat Hujan, Perhatikan Tips Ini

Pengendara bermotor menerobos hujan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Memasuki musim hujan, para pengendara motor,wajib lebih ekstra hati-hati. Jalanan licin dan angin kencang bisa menyebabkan kecelakaan.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu memberikan beberapa tips berkendara aman saat musim hujan.

Pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan. Mulai dari ban, kondisi lampu, serta kelistrikan. "Pastikan kendaraan layak jalan," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 29 September 2017.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Selalu sediakan jas hujan two pieces dengan warna terang agar terlihat jelas saat hujan lebat lebat dan gunakan sepatu yang dapat menutup mata kaki, bukan sandal. Apabila motor menggunakan box, pengendara disarankan membawa pakaian ganti agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

"Kalau pun menggunakan jas hujan warna hitam, pastikan ada scotlight, supaya bisa terlihat oleh pengemudi di belakangnya," ujarnya menambahkan.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Pengendara juga diimbau tidak memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi, serta selalu memperhatikan kondisi jalan. "Kondisi jalanan yang basah menyebabkan cengkraman ban berkurang, sat kecepatan tinggi bisa terjadi slip," katanya. (mus)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024