Ziarah ke Makam W.R Supratman, TKN Jokowi-Ma'ruf Belajar Kesederhanaan

TKN Jokowi-Ma'ruf di makam WR. Supratman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengawali kegiatan rapat kerja nasional di Surabaya dengan berziarah ke makam pahlawan Wage Rudolf Supratman atau dikenal dengan W.R Supratman.

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Acara 'nyekar' yang diwakili Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, Wakil Sekretaris TKN Dewi Kamaratih Soeharto dan struktur tim kampanye di daerah Jawa Timur itu, ingin mengenang jasa W.R Supratman sebagai tokoh nasional yang dikenal sederhana namun gigih dalam perjuangannya.

"Sosok W.R Supratman berjuang dengan cara-cara kebudayaan dan kemudian dengan cara-cara yang sederhana. Tetapi dengan cara-cara yang sederhana beliau hadir sebagai sosok pahlawan, juga sebagai sosok yang berprestasi," kata Hasto usai melakukan ziarah Jalan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 28 Oktober 2018.

Kacau, Lagu Indonesia Raya Dipotong saat Timnas Basket Berlaga

W.R Supratman ialah pencipta lagu 'Indonesia Raya' yang diketahui hingga masa wafatnya dirinya tak tahu bahwa karyanya digunakan saat masa kemerdekaan.

Di era kekinian, Hasto mengingatkan, politisi mestinya meneladani semangat juang para para pahlawan yang berjuang bukan sekadar demi ambisi kekuasaan.

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

Dalam sejarahnya pun, lagu ciptaan Supratman didengarkan saat Kongres Pemuda II yang juga penanda pergerakan nasional melawan kolonial.

Ia menyindir, sikap segelintir pihak belakangan ini yang kerap menyandingkan tokoh pahlawan dengan para kandidat kontestasi pemilu demi meraih simpati publik.

"W.R Suparatman mengingatkan seluruh para politisi agar keteladanan para pahlawan untuk bersama - sama mengukir prestasi," ujarnya.

Sementara itu Dewi Suharto, mengingat betul cerita dari ayahnya juga mengenal Supratman ketika melantunkan lagu 'Indonesia Raya' saat itu di kalangan pemuda.

Ayah Dewi merupakan seorang dokter pribadi Presiden RI pertama Soekarno. Dari cerita ayahnya, Dewi melihat, perjuangan Supratman dan tokoh - tokoh lain tanpa pamrih.

"Bagaimana mereka bisa berjuang dengan sederhana, tapi dampaknya bagi bangsa," kata Dewi.

Rakernas sendiri berlangsung akan dimulai pada sore ini yang akan dibuka oleh Ketua Dewan Pengarah TKN yang juga Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

Sementara untuk keesokan harinya, tim kampanye nasional baik tingkat pusat dan daerah juga akan mendengarkan arahan dari calon presiden Jokowi dan calon wakil presiden Ma'ruf Amin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya