Ruhut Sebut Isu Earpiece Menujukkan Lawan Semakin Kalap

Politikus Ruhut Sitompul
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Dugaan calon presiden Joko Widodo menggunakan alat bantu komunikasi atau earpiece tengah ramai di internet. Mantan anggota DPR dan pendukung Jokowi, Ruhut Sitompul tertawa mendengar ada dugaan itu.

Pasangan Prabowo-Sandi Disebut Paling Banyak Gunakan Kata Unik

"Jadi kalau kita tanggapi, kita ketawa termehek-mehek-lah. Ya enggak mungkinlah. Ketawa saya termehek-mehek," kata Ruhut lewat sambungan telepon, Senin 18 Februari 2019.

Ruhut menyebut tuduhan itu muncul karena kubu pendukung Prabowo Subianto sudah semakin putus asa. Dia menyebut mereka hanya tinggal menunggu waktu untuk kalah.

CEK FAKTA: Sandiaga Klaim Pengangguran Jakarta Turun 20 Ribu di 2018

"Karena lawan kami sudah semakin kalap. Jadi yang kayak begitu orang enggak percayalah. Kemarin bilang nyontek, sekarang bilang diajari pakai itu," ujar Ruhut

"Aduh, sudahlah, mereka tinggal tunggu waktu 17 April akan kalah," kata dia.

CEK FAKTA: Jokowi Sebut Angka Kemiskinan Satu Digit, Benar atau Salah?

Menurutnya tidak perlu dipermasalahkan alasan Jokowi membawa pulpen ke arena debat. Apalagi pena adalah barang yang biasa dibawa orang. 

"Ya apa salahnya, pegang-pegang pulpen kenapa, itu biasa. Kadang pegang, supaya enggak gugup, enggak ada masalah kok. Sudahlah itu mereka sudah takut lihat (skor) 6-0, habis semua," kata Ruhut.

Sebelumnya, kecurigaan ini salah satunya disampaikan oleh Ketua Divisi Politik Gerakan Tagar #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya, lewat Twitter. Ada yang menduga, Jokowi memakai alat bantu untuk memperlancar debat semalam.

"Mau klarifikasi neh ke Pak @Kadir_Karding. Apakah gambar ini hoax atau benaran. Tks. #Debat," tulis Tofa dilansir VIVA, Senin, 18 Februari 2019. (jhd)

Lihat komentar Jokowi usai debat Capres kemarin pada video di bawah ini. Apa komentarnya soal debat Prabowo:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya