KPU Belum Temui Orang-orang Dalam Video Surat Suara Tercoblos

Polisi Diraja Malaysia (PDRM) Kajang bersama Relawan Prabowo - Sandi (PADI) Malaysia berjaga di lokasi penemuan surat suara Pemilu 2019 yang diduga sudah dicoblos di sebuah rumah toko Jalan Seksyen 2/11 Kajang Selangor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Setiawan

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menemui orang-orang yang ada dalam video terkait surat suara tercoblos yang viral.

Pakar Khawatir Jika Presiden Kembali Dipilih MPR Bisa Melahirkan Pemimpin Tiran

Komisioner KPU, Ilham Saputra mengaku, pihaknya belum bertemu dengan orang-orang yang ada dalam video tersebut saat berupaya melakukan investigasi di Malaysia.

"Oh, enggak sempat ditemui. Kita hanya nanya PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dan beberapa narasumber lain untuk kemudian kami tanyai. Orang-orang itu (dalam video) belum kita temui," kata Ilham di Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu 13 April 2019.

Pemilu Berjalan Lancar, OJK Ungkap Bukti Minat Investasi Mulai Meningkat

Ilham mengatakan, dari KPU masih ada  yang berada di Negeri Jiran. Sehingga mungkin pihak KPU yang di sana sudah mencari orang-orang itu untuk diwawancarai terkait kisruh surat suara tercoblos.

Sejauh ini, KPU belum diberi akses mendekati surat surat guna memeriksa oleh Polisi Diraja Malaysia (PDRM). Namun, dia menjelaskan pihaknya masih bisa melakukan pembuktian dengan cara mengumpulkan hasil wawancara.

Isu Presiden Dipilih Lagi oleh MPR, Demokrat: Bagi Kami Itu Penyimpangan

"Ya adalah (cara membuktikan). Kami punya hasil wawancara PPLN, Bawaslu. Mungkin saja Bawaslu yang masih ada di sana diberikan akses untuk itu. Tunggu saja ya." 

Anies Baswedan.

Anies dan PDIP Bisa Dipertemukan Kepentingan yang Sama di Pilkada DKI, Menurut Pengamat

Pengamat politik menilai interaksi Anies Baswedan dan PDIP yang saling mengirim sinyal terkait potensi kerja sama di Pilkada Jakarta merupakan bagian upaya penjajakan.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2024