Ratusan Warga Tangerang Selatan Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Ratusan Warga Lakukan Pemungutan Suara Ulang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Sebanyak 500 warga Ciputat Timur, Tangerang Selatan, kembali melakukan pencoblosan ulang hari ini, Rabu 24 April 2019, setelah ditemukannya permasalahan pada dua tempat pemungutan suara atau TPS di wilayah setempat.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro mengatakan, pemungutan suara tersebut dilakukan, setelah adanya rekomendasi pihak pengawas pemilu, di mana terdapat pelanggaran saat penyelenggaraan Pemilu 2019, lantaran menerima pemilih dari luar Tangerang Selatan, tanpa menyertai formulir C5.

"Dari pihak Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) menemukan beberapa pelanggaran, yakni adanya pemilih luar daerah. Maka, dilakukan PSU ini dengan pemilihan pada lima jenis surat suara," katanya.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Dirinci, untuk TPS 49 di Rengas, Ciputat Timur, yang memiliki 235 daftar pemilih tetap menerima 14 pemilih, dan TPS 71 di Cempaka Putih, Ciputat Timur, memiliki 285 daftar pemilih tetap menerima dua pemilih yang tidak menyertai formulir C5.

Pada pelaksanaannya, pihak KPU berharap, angka partisipasi pemilih dapat meningkat atau setidaknya, sama dengan proses pemilihan reguler.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Kita harap, angka partisipasi di atas 70 persen. Kita juga meminta kepada petugas untuk mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan pencoblosan lebih dulu, sebelum berangkat beraktivitas, mengingat hari ini bukan hari libur," ujarnya.

Hingga saat ini, sekitar 40 persen warga setempat telah memberikan hak suaranya. Dari data yang diperoleh VIVA, untuk TPS 71, sebanyak 147 pemilih telah melakukan pencoblosan dari 285 daftar pemilih tetap. Sedangkan TPS 49, sebanyak 105 orang telah memberikan suaranya dari 235 daftar pemilih tetap. (asp)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024