Mendagri Tjahjo Kumolo: Jangan Mengakui Pileg, Tapi Pilpres Tidak

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

VIVA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, optimis pengumuman KPU mengenai hasil Pemilu 2019 akan berjalan dengan lancar. Ia berharap semua pihak bisa menerima keputusan KPU terkait hasil pilpres dan pileg tersebut secara utuh.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

"Jangan sampai mengakui hasil pilegnya, tapi hasil pilpresnya tidak," kata Tjahjo di kantornya, Jakarta, Kamis 16 Mei 2019.

Karena tahapan pemilu dan pileg dilakukan oleh para petugas KPU dan Bawaslu yang sama dari tingkat daerah hingga ke pusat. Sehingga hasil pilpres dan pileg di pemilu 2019 akan sesuai.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Yang jadi KPPS-nya sama. Pengawasnya sama, saksinya sama. Petugasnya sama. Kenapa kok dibedakan itu lho," ujarnya.

Bahkan menurut Tjahjo saat pembahasan hingga pengesahan undang-undang Pemilu nomor 7 tahun 2017 semua partai politik di DPR ikut terlibat. Dan undang-undang ini yang menjadi landasan pembentukan PKPU oleh KPU untuk melaksanakan Pemilu 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Semua tahapan membahas undang-undang diikuti oleh seluruh partai politik. Membahas PKPU juga tim sukses ikut semua. Sepakat semua. Jadi tidak ada satu pun yang melanggar undang-undang. Dan PKPU-nya sudah disepakati bersama," katanya.

Tjahjo percaya KPU sebagai penyelenggara pemilu tetap independen dan sesuai dengan undang-undang. Selain itu ia juga menolak berbagai spekulasi di luar yang menyatakan ada intervensi pemerintah terhadap KPU.

"Saya sebagai pemerintah di Kemendagri yang melekat dalam konteks ikut memonitor semua masalah, tidak ada satu titik, satu koma pun yang menyimpang atau intervensi terhadap KPU. Karena KPU sebagai penyelenggara negara, sesuai UUD adalah sifatnya mandiri, nasional, dan independen, diperkuat dengan putusan MK," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya