Ketua KPU: Bahaya kalau Isu Agama Campur dengan Isu Etnis dan Campur Isu Politik

Ketua KPU RI Hasyim Asyari dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dalam audiensi beberapa pimpinan majelis-majelis tinggi agama terhadap KPU RI di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Tri Meilani Ameliya

VIVA Politik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggandeng Majelis Tinggi Agama (MTA) untuk membantu mencegah hal yang dapat merusak persatuan bangsa menjelang pemilu 2024. 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Ketua KPU Hasyim Asyari menyebut demokrasi Indonesia harus menjaga nilai sopan santun sebagai bangsa yang beradab. Jangan sampai pemilu justru menjadi ajang permusuhan dengan saling menghina dan menjatuhkan.

"Yang berbahaya itu kemudian isu agama campur dengan isu etnis, campur dengan isu politik," kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Sejumlah pimpinan majelis-majelis tinggi agama bersama Ketua KPU RI Hasyim Asyari dan anggota KPU RI Mochammad Afifuddin usai melakukan audiensi Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023.

Photo :
  • ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Semua pihak, katanya, harus mementingkan persatuan di atas segalanya. Karena itu, KPU turut mengajak pemuka agama untuk bersama menjaga keutuhan NKRI.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

"Sehingga ini penting diterjemahkan bersama-sama para pemimpin Majelis Tinggi Agama kepada para jemaahnya bahwa pemilu tidak boleh baperan, istilah anak mudanya," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, selaku perwakilan MTA, mengatakan bahwa upaya untuk menjaga kesatuan dan persatuan NKRI merupakan tugas bersama.

Menurut Nasaruddin, sentimen keagamaan tidak boleh dicampuradukkan ke dalam ranah politik karena bisa berdampak buruk.

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia juga mengajak seluruh peserta Pemilu 2024 melakukan kampanye dengan mengedepankan sopan santun, menjunjung etika dan budaya Indonesia, tidak memakai cara-cara yang dapat melukai hati masyarakat, demi merawat persatuan dan kesatuan NKRI.

"Kita ini, seperti yang disampaikan ketua KPU, kita ini satu bangsa tidak boleh mencabik-cabik persaudaraan kita sebagai sebangsa dengan menggunakan politisasi agama," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya