Kata yang Sering Diucapkan Jokowi dalam Debat Capres

Jokowi, saat debat kedua Capres 2019.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo tercatat paling banyak berkata-kata sepanjang debat pilpres kedua yang diselenggarakan Minggu malam, 17 Februari 2019.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Hampir semua topik dipaparkan panjang oleh calon presiden pertahana ini. Dikutip VIVA dari situs debatcapres.bahasakita.co.id, Senin 18 Februari 2019, ada kata yang paling banyak dilontarkan Jokowi.

Jokowi tercatat paling sering mengucapkan kata Indonesia, puluh, dan bangun. Terhitung, ada 24 kali kata itu yang disampaikan sepanjang debat.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Selain itu, kata negara dengan 22 kali. Posisi ketiga, ada kata selesai dan milik yang diucapkan 18 kali. Kata kerja dan tani, juga sering diucapkan 17 kali. Terakhir kata laku, juta, dan nelayan sebanyak 14 kali.

Sementara itu, ada lima kata yang paling sering diucapkan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto selama debat berlangsung.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Di urutan pertama, Ketua Umum Partai Gerindra ini paling sering berkata Indonesia. Tercatat, 20 kali mengucapkan kata tersebut. Selanjutnya, kata infrastruktur sebanyak 19 kali dan kata usaha disebut 17 kali.

Selanjutnya, kata rakyat diucapkan 16 kali dan kata hidup 15 kali. (asp)

Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

JK sudah mulai melunak bicaranya terkait isu Jokowi dan Gibran gabung dengan Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024