Mendagri: Mari Gunakan Hak Pilih Kita, Jangan Golput

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

VIVA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan masyarakat agar tidak Golput di Pemilu 2019. Ia meminta para Aparatur Sipil Negara menyosialisasikan pemilu dengan tetap menjaga netralitas.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"ASN harus netral, tapi sebagai anggota masyarakat dan keluarga, sosialisasikan kepada lingkungan masing-masing untuk datang gunakan hak pilih dan beri contoh simulasi yang baik," kata Tjahjo saat simulasi pencoblosan pemilu di Gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019.

Tajhjo mengatakan, untuk menjaga netralitas ASN, dia terus mengingatkan di setiap kesempatan. Dan menyumpah para ASN untuk komit menjaga netralitas.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Kami juga kirim edaran ke semua kementerian lembaga untuk menyampaikan ikrar agar ASN harus netral, profesional," katanya.

Tjahjo juga meminta para ASN dan masyarakat memperhatikan berbagai ancaman racun demokrasi seperti hoaks, ujaran kebencian hingga politik uang. Dan segera melaporkan pada aparat berwenang bila menemukan.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Mari gunakan hak pilih kita. Jangan golput sehingga tingkat partisipasi masyarakat akan maksimal dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan presidensial yang semakin efektif untuk bangsa dan negara. Ini yang harus dimulai," tuturnya.

25 hari jelang pencoblosan ia meminta pemerintah daerah membantu KPU gencar menyosialisasikan pencoblosan pada 17 April mendatang. "Satu bulan ini untuk sosialisasi bersama sama dengan KPU setempat," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024