BPP Prabowo Sebut Kecurangan Brutal, Bikin Posko Aduan di Jatim

Ketua Badan Pemenangan Provinsi Prabowo-Sandi wilayah Jawa Timur, Soepriyatno, dalam konferensi pers di Surabaya, Kamis, 25 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Badan Pemenangan Provinsi Prabowo-Sandi untuk Jawa Timur membuat posko pengaduan kecurangan pemilihan umum di posko-posko pemenangan seluruh daerah Jatim. Posko didirikan, kata Ketua BPP Jatim, Soepriyatno, karena ditemukan banyak kecurangan dan penggelembungan suara secara masif, terstruktur, sistematis, bahkan brutal.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Soepriyatno menjelaskan, dugaan kecurangan itu teridentifikasi bahkan sebelum pemungutan suara digelar pada 17 April 2019. “Kita lihat kecurangan sebelum pemilu dilaksanakan, yakni gara-gara DPT,  totalnya 7,5 juta lebih data ganda, itu di Jawa Timur dan ada pelibatan ASN dan kepala daerah jadi timses,” katanya di Posko BPP Prabowo-Sandi, Surabaya, pada Kamis, 25 April 2019.

Dugaan pelanggaran dan kecurangan, katanya, terus terjadi saat proses pemungutan hingga penghitungan suara. Modus dan polanya sama antara satu daerah dengan daerah lain dan itu selalu merugikan pasangan calon capres-cawapres nomor 02. “Modusnya banyak dari penggelembungan suara di formulir C1, DPT ganda, mencoblos tanpa formulir C1, hingga menghilangkan daftar hadir,” ujarnya.

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

Ketua Partai Gerindra Jawa Timur itu mengambil contoh dugaan penggelembungan suara di Surabaya, hingga kemudian Badan Pengawas Pemilihan Umum setempat merekomendasikan penghitungan ulang dan pencocokan data C1 di sejumlah Tempat Pemungutan Suara di 26 kecamatan. Dia menyebut kecurangan terjadi secara massif, terstruktur, dan sistematis. “Bahkan brutal,” katanya.

Untuk Pilpres, Soepriyatno mengakui bahwa sementara ini perolehan suara Prabowo-Sandi kalah dari Jokowi-Ma’ruf Amin kalah di Jatim meski selisihnya tipis. Namun secara nasional, Prabowo-Sandi unggul 20 persen atas Jokowi-Ma’ruf.

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

“Saat ini kami ditugaskan mengawal C1 sampai selesai, karena berdasar data yang kami miliki, berdasar laporan masyarakat terindikasi kecurangan, terstruktur, sistematis, dan massif, khususnya terjadi di Jatim.”

Karena itulah BPP Prabowo-Sandi membentuk posko pengaduan yang disiapkan bagi masyarakat untuk melaporkan temuan-temuan kecurangan pemilu. Sementara ini, posko pengaduan baru didirikan di Surabaya, yakni di Posko BPP Prabowo-Sandi di Jalan Gayungsari. Dia juga menyebutkan nomor pengaduan, yakni 085233133282. “Posko pengaduan akan didirikan di seluruh Badan Pemenangan Daerah di Jatim,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024