Indo Barometer Perkirakan Para Calon Presiden 2024

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Selain merilis hasil survei, Indo Barometer juga memprediksi bagaimana peta pemilihan presiden 2024. Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari mengatakan, ada beberapa nama yang diyakini akan bertarung di 2024 nanti.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Qodari mengklasifikasikan calon presiden dari dua kategori. Pertama dari partai politik dan kepala daerah.

Qodari menyebut nama Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto. Keduanya dinilai masih bisa untuk bertarung di 2024. Jika Prabowo kalah di 2019, elektabilitasnya dinilai masih stabil.

The Economist Ralat Hasil Survei Elektabilitas Prabowo 50 Persen, Ini Alasannya

"Calon presiden dari partai, untuk PDIP ada Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Prananda Prabowo. Gerindra ada Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Fadli Zon," kata Qodari di Jakarta Selatan, Sabtu 13 April 2019.

Bukan hanya itu, Qodari juga bicara kemungkinan adanya proses ketiga. Poros ini tak lain adalah Demokrat, dan ada nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Poros ketiga ada Demokrat dengan AHY, potensi poros ketiga dengan motor SBY," katanya.

Sementara untuk calon yang merupakan kepala daerah ada nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Ganjar Pranowo dan Nurdin Abdullah.

"Untuk kepala daerah ada Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Ganjar Pranowo dan Nurdin Abdullah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya