Nonton Piala Dunia, PNS Afsel Boleh Libur

Menyambut Piala Dunia
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVAnews - Pegawai negeri sipil (PNS) Afrika Selatan diperbolehkan libur selama Piala Dunia 2010. Dengan demikian para pegawai tak perlu bolos kerja untuk bisa menonton perhelatan empat tahunan itu.

Hal ini diungkapkan Asosiasi Suporter Sepakbola Afrika Selatan (Safsa) seperti dilansir dari www.sport24.co.za.

Direktur Eksekutif Safsa, Siyabulela Makunga telah menerima surat dari Menteri Administrasi dan PNS Afsel Richard Baloyi tertanggal 30 Mei 2010. Dalam surat ini disebutkan  pemerintah memutuskan untuk mengizinkan PNS, "memiliki libur yang fleksibel" selama Piala Dunia yang digelar di Afrika Selatan.

Namun, kata dia, surat ini berseberangan dengan pernyataan Deputi Presiden Kgalema Motlanthe kepada media. Kgalema membantah telah setuju dengan keputusan ini.

"Surat menteri itu jadi pegangan Safsa, karena ini merupakan pengulangan pernyataan pemerintah dalam mendorong kepala departemen untuk mengatur shift daftar tugas PNS. Sehingga, ada pertanggungjawaban alokasi libur." Dengan demikian, sambung Makunga, PNS bisa meninggalkan pekerjaan sementara waktu untuk menonton Piala Dunia.

Menurutnya, memorandum ini sudah dilayangkan ke kepala-kepala departemen di level nasional maupun provinsi. Makunga meminta agar peluang ini digunakan dengan tanggung jawab.

Sementara itu, juru bicara Departemen Administrasi dan PNS Dumisani Nkwamba menegaskan tidak akan ada perlakukan khusus.

"Pemerintah akan mengatur jam kerja dan jam izin keluar atau libur," kata dia. Dia mencontohkan  jika dirinya hendak menonton tim Bafana Bafana, hari Jumat, maka "Saya harus izin pergi ke luar. Semua ini harus diatur sedemikian rupa agar pelayanan publik tidak mati." (umi)

Soal Pembubaran Kegiatan Ibadah Berujung Kekerasan di Tangsel, Ini Kata Kemenag
Ilustrasi ibu mertua, anak dan menantu perempuan

Sederet Tips Hadapi Suami yang Lebih Mementingkan Ibunya Ketimbang Istri

Menghadapi situasi di mana suami lebih bela, mementingkan hingga memprioritaskan ibunya daripada pasangan atau keluarga baru bisa menjadi tantangan tersendiri bagi istri.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024