Tak Bisa Tonton Piala Dunia, Napi Ngamuk

Persiapan Stadion Piala Dunia Afrika Selatan : Soccer City
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

VIVAnews - Sejumlah napi muda yang dipenjara di Odi Correctional Centre, Mabopane, Afrika Selatan, bentrok dengan sipir karena masalah televisi. Bentrok terjadi karena keinginan para napi untuk menonton pembukaan Piala Dunia 2010 tidak tercapai.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Seperti dikutip dari laman iol.co.za, Jumat 11 Juni 2010, kekerasan ini berawal saat napi dari sel 7 kesal karena sipir tidak membawa televisi seperti yang sudah dijanjikan.

"Televisi yang ada rusak. Napi dijanjikan televisi portabel sehingga kami bisa menyaksikan laga pembukaan (Piala Dunia)," kata salah satu napi yang dihubungi Pretoria News.

Para napi pun akhirnya mogok makan pagi sampai mereka benar-benar mendapatkan televisi yang dijanjikan itu.

Selain itu, para tahanan juga membuat barikade yang dibuat dari kasur. Mereka pun mengancam akan membakar seluruh sel penjara itu.

"Sipir lalu marah dan mulai memukuli tahanan. Tiga tahanan harus dibawa ke rumah sakit penjara karena luka-luka," kata tahanan yang tidak disebutkan namanya.

"Sangat kacau," kata penghuni tahanan lainnya. Napi yang ditahan dalam penjara ini tersangkut pidana umum, seperti pemerkosaan, perampokan, pencurian, dan sebagainya.

Juru bicara penjara, Manelisi Wolela, mengakui sebab awal bentrok ini adalah soal televisi itu. Dia pun berjanji akan melakukan penyelidikan internal bersamaan dengan penyelidikan kepolisian.

"Penyelidikan ini akan mengungkap fakta mengenai perkelahian antara penjaga penjara dengan napi," kata dia.

Petugas sipir, lanjut Manelisi, terpaksa menggunakan tongkat pemukul untuk membuka barikade yang dibuat para napi. Barikade ini dibuat di pintu masuk sambil mengancam akan membakar sel.

Pesta pembukaan Piala Dunia akan digelar pukul 16.00 waktu Afrika Selatan. Sejmlah 32 negara akan berlaga memperebutkan Piala Dunia.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Tuan rumah Afrika Selatan lawan Meksiko akan menjadi pertandingan pembuka perhelatan akbar itu.  Warga Afrika sudah siap memberi dukungan. Rupa-rupa cara dilakukan untuk menjatuhkan mental pemain dan fans  kesebelasan Meksiko.

Sebuah restoran bernama Nando, yang beroperasi di pusat kota Johannesburg, berjanji untuk memberi makan gratis kepada pemain dan fans Meksiko, jika dari Amerika Latin itu kalah.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

Restoran ini menyebarkan ribuan pamflet  dalam bahasa Inggris,"Dear, pemain Meksiko. Kebanyakan orang asing menilai Afrika Selatan penuh dengan suap dan korupsi."

"Untuk meluruskan salah paham anda, kami menawarkan anda dan suporter anda, makan siang gratis jika kalah Jumat nanti."

Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024