Prandelli Resmi Gantikan Lippi Sejak 1 Juli

Cesare Prandelli
Sumber :
  • AP Photo/Lorenzo Galassi

VIVAnews - Timnas Italia akan ditangani oleh pelatih baru sejak Juli mendatang. Cesare Prandelli menggantikan Marcello Lippi yang telah gagal membawa Azzurri mempertahankan gelar juara di Piala Dunia 2010.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Giancarlo Abete, Jumat 25 Juni 2010. Menurut Abete, Prandelli akan menangani Italia hingga Piala Dunia 2014.

"Prandelli dipilih bukan hanya karena karakternya, tapi karena kemampuan teknisnya," kata Abete kepada wartawan di kamp Azzurri, Pretoria, Afrika Selatan.

Italia harus angkat koper dari Afsel setelah kalah 2-3 dari Slovakia di partai pamungkas Grup F, Kamis 24 Juni 2010. Kekalahan ini membuat Azzuri hanya mampu berada di posisi paling buncit dengan koleksi 2 poin dari 3 laga.

Abete mengaku sangat sedih melihat kegagalan Italia. Karena itu menurutnya Federasi Sepakbola Italia harus memulai dari awal lagi.

"Saya tahu betapa pentingnya sepakbola di Italia. Betapa pentingnya tim nasional bagi 10 juta fans dan sejak 1 Juli nanti Prandelli akan menjadi pelatih baru timnas Italia," kata Abete.

Mengenai kegagalan Italia di PD 2010, Abete menolak menyalahkan Lippi. Dia juga mengaku tidak menyesal telah memilih pelatih yang telah sukses membawa Italia menjuarai PD 2006 lalu.

Sebaliknya Abete justru menyoroti minimnya pemain-pemain Italia yang menghuni klub-klub besar. Selain itu, hasil negatif Azzurri di PD 2010 juga tak lepas dari sistem yang kurang kompetitif di dalam timnas.

"Sebagai presiden Federasi Sepakbola Italia, saya bertanggung jawab terhadap tim," kata Abete.

"Saya telah memilih Lippi dan saya tidak menyesalinya. Tidak perlu menyesali keputusan untuk memanggil pelatih yang telah menjuarai Piala Dunia," tambahnya.

Prandelli, kelahiran 19 Agustus 1957 tercatat tidak pernah memperkuat timnas Italia. Karirnya sebagai pemain berakhir di klub Atlanta pada 1990.

Sementara itu, karir kepelatihannya diawali dari tim junior Atlanta (1990-1993). Selanjutnya, Prandelli dipercaya menangani tim senior sebelum akhirnya pindah ke Lecce. Klub terakhir yang ditanganinya adalah Fiorentina (2005-2010).

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih
Konferensi pers series Main Api

Bintangi Series Main Api, Darius Sinathrya Minta Izin ke Istri dan Anak

Darius Sinathrya beradu akting dengan Luna Maya dalam series produksi Hitmaker Studios berjudul Main Api.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024