Bundesliga, Rahasia Kedahsyatan Jerman

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew
Sumber :
  • AP Photo/Gero Breloer

VIVAnews - Pelatih Jerman Joachim Low percaya kedahsyatan Der Panzer dalam melibas lawan-lawannya di Piala Dunia 2010 karena membaiknya sistem di Bundesliga (Liga Jerman). Pemain-pemain Bundesliga memang mendominasi semifinal Piala Dunia. 

Terdapat 28 pemain profesional di babak empat besar tersebut yang merumput di Bundesliga – 22 pemain Jerman dan 6 pemain Belanda.

“Klub-klub Jerman bekerja keras untuk memperbaiki sistem. Mereka memberi perhatian khusus pada pola permainan cerdas. Tak heran bila kami bertambah baik. Lihat saja prestasi Bayern Munich yang mencapai final Liga Champions musim lalu,” kata Low seperti dilansir FIFA. Tak ayal lagi, kesuksesan klub-klub Jerman ini membuat Jerman lebih dihargai di Eropa.

Low juga meyakini, perbaikan signifikan yang terjadi di Bundesliga karena rencana jangka panjang yang telah tersusun rapi. “Ini adalah proses yang berjalan selama beberapa tahun. Ini bukanlah sesuatu yang dapat dikerjakan hanya dalam beberapa minggu,” tandas Low.

Di sisi lain, pemain-pemain yang yang berpengalaman merumput di liga-liga lain pun memberikan keuntungan bagi Jerman. “Bagaimana pun, bermain di luar negeri membuat Anda berkembang,” ujar Low.

Misalnya, mantan kapten Jerman Michael Ballack yang pernah merumput selama empat tahun di Chelsea, Liga Inggris. Dia bisa memberikan informasi rinci kepada Low dan Der Panzer soal kelemahan sejumlah pemain Inggris menjelang pertarungan perdelapan final antara Jerman dan Inggris beberapa waktu lalu.

Perdana Bareng Song Hye Kyo ke Baeksang Award, Ekspresi Song Joong Ki Jadi Sorotan

Bukan tak mungkin informasi Ballack ini menjadi salah satu faktor kegemilangan penampilan Jerman dalam membabat Inggris 4-1.

Penampilan sensasional Jerman pada Piala Dunia, menurut Low, juga akan memicu klub-klub elit Eropa mencermati Bundesliga untuk mencari bintang-bintang lapangan baru. Bisa dipastikan, ke-28 pemain Bundesliga ini akan menjadi incaran klub-klub tersebut untuk membelanjakan uang mereka pada musim mendatang.

“Klub-klub raksasa Eropa jelas akan berpaling kepada pemain-pemain kami,” tutup Low. (adi)

Harry Kane Butuh Pembuktian, Real Madrid Jadi Tumbal?
Betharia Sonata.

Leon Dozan Ungkap Betharia Sonata Alami Hal Ini Saat Terkena Gejala Stroke

Leon Dozan memberi penjelasan terkait kondisi sang ibunda, Betharia Sonata yang beberapa waktu yang lalu terkena serangan gejala stroke

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024