Calon Wali Kota Depok Pradi Supriatna Ingin Bangun Museum Kota

Debat calon wali kota dan wakil wali kota Depok 2020.
Debat calon wali kota dan wakil wali kota Depok 2020.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Depok adalah salah satu kota yang juga memiliki cukup banyak cagar budaya atau bangunan bersejarah. Namun sayangnya, hal tersebut kurang dimaksimalkan secara serius. Persoalan ini menjadi sorotan panelis dalam debat pamungkas yang berlangsung pada Jumat 4 Desember 2020

“Apa yang disampaikan ini memang faktual terjadi. Yang pasti kita belum punya museum dan mudah-mudahan nanti ke depan akan kita buatkan museum Kota Depok,” kata calon Wali Kota Depok dari nomor urut satu, Pradi Supriatna.

Ia menuturkan, di Kota Depok banyak bangunan-bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda, namun sayangnya itu tidak dirawat secara maksimal sebagai cagar budaya.

“Banyak sekali, kemudian ada juga Rumah Pondok Cina yang kondisinya saat ini sudah diapit oleh dua bangunan besar dan nampaknya ini perlu perhatian serius,” ujarnya.

Selain itu, Pradi juga menunjukkan banyak bangunan tua bersejarah lainnya yang berada di kawasan Depok Lama. Ia berjanji, jika terpilih bersama Afifah Alia akan menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata.

“Bahkan bisa menjadi salah satu keunggulan untuk kita, jadi ikon wisata budaya.”

Persoalan lainnya yang disinggung Pradi adalah tidak adanya pembinaan budaya atau kurang maksimalnya kegiatan budaya di Kota Depok. Itu dikarenakan manajemen tidak diberikan kepada orang yang tepat.