Survei: Anak Ma'ruf Amin Terancam Keok di Tangerang Selatan

Anak Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah Maruf
Anak Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah Maruf
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA - Hasil survei terbaru Indo Barometer memperlihatkan dinasti lokal yang diwakili oleh Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan (keponakan Airin Rachmi Diany) lebih berpeluang menang ketimbang dinasti nasional Siti Nur Azizah (putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin) di pemilihan wali kota Tangerang Selatan 2020.

Dari elektabilitas pasangan calon dalam survei terkait Pilkada 2020 itu, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan unggul dengan angka 34,0 persen. Sementara itu, Muhamad-Rahayu Saraswati D. Djojohadikusumo 20,8 persen, dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben 10,5 persen.

"Jika di Kota Surakarta anak Jokowi berpeluang menang mudah dan di Medan menantunya berpeluang menang, namun dengan kerja keras, maka di Tangerang Selatan, prospek anak Ma’ruf Amin justru terancam keok," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam paparannya secara virtual, Senin 7 Desember 2020.

Baca juga: Calon Petahana di Pilkada Tangsel Pede Lawan Anak Ma’ruf Amin

Benyamin disebut konsisten unggul dalam berbagai variabel yang berpengaruh dalam pilkada, seperti tingkat pengenalan, tingkat kesukaan, penilaian kepribadian, penilaian kemampuan, dan alasan memilih.

Kemudian juga ada kepuasan kepada Airin Rachmi Diany sebagai wali kota Tangsel dan tingkat kepuasan pada saat menjabat wakil wali kota Tangsel.

Pasangan Benyamin-Pilar juga dinilai cukup diuntungkan oleh empat latar belakang politik di Kota Tangsel. Yakni, Golkar unggul dalam pemilu legislatif 2014 dan 2019, kemudian calon Golkar unggul di pilkada wali kota 2010 dan 2015 dan calon Golkar menang di pilkada gubernur Banten 2013 dan 2018.