Beda Nasib Keluarga Jokowi, Ma'ruf Amin dan Prabowo di Pilkada 2020

Ilustrasi Pilkada 2020
Ilustrasi Pilkada 2020
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Proses pemungutan suara pilkada serentak 2020 sudah berlangsung pada Rabu 9 Desember 2020. Hasilnya mulai terlihat lewat hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Lewat hasil hitung cepat ini, publik juga dapat mengetahui bagaimana perolehan  atau nasib para calon yang masih punya hubungan kekeluargaan dengan para pejabat di Tanah Air.

Pilkada 2020 ini diikuti oleh sejumlah pasangan calon kepala daerah yang merupakan keluarga sejumlah pejabat di Tanah Air. Seperti calon wali kota Solo nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan anak Presiden Jokowi. Calon wali kota Medan nomor urut 2, Bobby Nasution, yang merupakan menantu Jokowi.

Kemudian, calon wali kota Tangsel nomor urut 2, Siti Nur Azizah, yang merupakan putri Wapres Ma'ruf Amin, dan calon wakil wali kota Tangsel nomor urut 1, Rahayu Saraswati, yang merupakan keponakan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Menyandang status keluarga pejabat bukan berarti langkah mereka mulus di pilkada 2020. Mereka semua memiliki pencapaian yang berbeda di pilkada 2020 berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Untuk hasil pilwalkot Solo, berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei Charta Politika, anak Presiden Joko Widodo unggul jauh dari pesaingnya, Bagyo Wahyono-FX Supardjo. Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa memperoleh 87,15 persen suara, sedangkan Bagyo Wahyono-FX Supardjo memperoleh 12,85 persen suara.