Airlangga: Golkar Menang 61,11 Persen di Pilkada 2020

Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengumumkan pencapaian Partai Golkar di Pilkada serentak tahun 2020. Menurut Airlangga, hasil yang disampaikan ini didapat dari proses hitung cepat atau quick count di 270 wilayah yang menggelar Pilkada serentak 2020, dan juga dengan berdasarkan plano C1, yang dimiliki Partai Golkar melalui badan saksi nasional yang dibentuk oleh Partai Golkar.

"Jadi perhitungan kami, pasangan Golkar memenangi 165 daerah, dan jumlah ini mencapai 61,11 persen dan angka tersebut melebihi target yang ditentukan Partai Golkar yaitu 60 persen," kata Airlangga, di DPP Partai Golkar, Kamis, 10 Desember 2020.

Baca juga: Beda Nasib Keluarga Jokowi, Ma’ruf Amin dan Prabowo di Pilkada 2020

Dia mengatakan, untuk pemilihan Gubernur di 9 provinsi Partai Golkar memastikan kemenangan di 6 daerah. Rinciannya adalah di pemilihan Gubernur Jambi, di mana Ketua DPD Partai Golkar, Cek Hendra dan Ratu Munawaroh unggul atas dua paslon lainnya. Demikian pula pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) yang disung Golkar yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina yang berhasil unggul dari dua rivalnya.

Sementara untuk hasil penghitungan sementara di Bengkulu, Golkar juga mengklaim menang melalui calon petahana Rohidin Mersyah yang berpasangan dengan Rosjonsyah kader PDIP. Calon ini unggul atas dua pasangan calon lainnya.

Untuk Provinsi Kalimantan Selatan, Golkar juga mengaku unggul dengan mengusung Gubernur Petahana yakni Sahbirin Noor yang berpasangan dengan Muhidin dari kader PAN. Dan di wilayah Kalimantan Tengah, Golkar yang mengusung calon wakil gubernur Edy Pratowo, juga mampu mengungguli pesaingnya.

Begitu juga di wilayah Rusdy Mastura yang berdampingan dengan kader Golkar Makmun Amir dari Partai juga berhasil unggul di Sulawesi Tengah. Meski begitu, atas sejumlah kemenangan tersebut, Golkar juga masih menunggu hasil resmi dari KPU setempat.