Bobby Nasution Resmi Menang Pilkada Medan, Golput Capai 54 Persen

KPU Kota Medan menetapkan hasil Pilkada yang digelar pada 9 Desember lalu.
KPU Kota Medan menetapkan hasil Pilkada yang digelar pada 9 Desember lalu.
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution.

VIVA - ?Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan nomor urut 2, Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman, unggul peroleh suara di 15 kecamatan. Sedangkan rivalnya, pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi 6 kecamatan dengan total 21 kecamatan yang ada di Kota Medan.

Hal itu terungkap dari ?hasil rekapitulasi penghitungan suara pilkada-medan">Pilkada Medan 2020 yang digelar Komisi Pemilihan Umum Medan di Santika Dyadra Convention Center, Medan, berlangsung hingga Selasa malam, 15 Desember 2020.

"KPU Kota Medan pada malam ini hari sudah menetapkan secara resmi hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan," kata ?Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik, kepada wartawan usai rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi.

Baca juga: Resmi, Bobby Nasution Menang di Pilkada Medan

Pasangan Bobby-Aulia memperoleh 393.327 suara atau 53,45  persen dari suara sah. Sementara pasangan nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi, hanya memperoleh 342.580 suara atau 46,55 persen.

“Dengan demikian hasil penetapan perolehan suara pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan unggul Bobby-Aulia,” kata Agussyah.

Namun begitu, angka Golput atau masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya angkanya cukup tinggi ?mencapai 886.964 orang atau 54,22 persen dari 1.635.846 total pemilih. Tapi, Agussyah mengungkapkan partisipasi masyarakat meningkat dibanding di Pilkada Medan 2015.