Polri Beri Pengamanan Hakim MK yang Tangani Sengketa Pilkada

Apel aparat kepolisian. Foto ilustrasi.
Apel aparat kepolisian. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, mengatakan pihaknya siap melakukan pengamanan dan penjagaan selama proses sidang sengketa hasil pilkada serentak 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 26 Januari 2021.

Menurut Rusdi, Polri sampai sekarang masih melakukan pengamanan dalam tahapan-tahapan pilkada serentak 2020. Saat ini, kata dia, sedang proses penyiapan atau penyempurnaan berkas-berkas sidang sengketa di MK.

“Nanti ketika sidang di MK, Polri siap mengamankan tidak hanya Gedung MK, objek-objek lain yang terlibat dengan MK kita amankan. Termasuk juga hakim, kediaman hakim beserta keluarganya pun menjadi prioritas pengamanan dari Polri,” kata Rusdi pada Rabu, 6 Januari 2021.

Baca juga: Pemenang Pilkada Sumbawa Terancam Didiskualifikasi

Harapannya, kata dia, dengan diamankan semua hakim yang menangani sidang sengketa pilkada ini dapat melaksanakan tugasnya secara baik dan dapat memutuskan sengketa-sengketa pilkada seadil-adilnya.

“Karena diyakini situasinya bisa dikendalikan oleh Polri bersama instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Di samping itu, Rusdi menjelaskan Polri tentu mengidentifikasi pengamanan pada objek-objek yang bersangkutan dengan MK seperti Gedung MK, lembaga-lembaga pendidikan MK, rumah-rumah pegawai MK sampai juga rumah hakim dan termasuk keluarga hakim yang menyidangkan sengketa tersebut.