Wow, KPU Purbalingga Buka Lowongan 14903 Anggota KPPS

Sosialisasi KPU Purbalingga
Sumber :

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Jawa Tengah akan merekrut sebanyak 14.903 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk bertugas di Pilkada Serentak 2020 di wilayah setempat.

Ketua KPU Minta Maaf kepada KPPS karena Negara Belum Mampu Belikan HP

"KPU Purbalingga akan rekrut 14.903 orang KPPS, dan 4.258 orang anggota linmas yang akan bertugas dalam gelaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020," kata anggota KPU Purbalingga bidang Divisi Parmas, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto di Purbalingga, Jumat (2/10).

Dia menjelaskan bahwa sesuai dengan peraturan KPU nomor 5 tahun 2020, KPU Purbalingga akan memulai proses perekrutan KPPS mulai tanggal tanggal 7 hingga 13 Oktober 2020.

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

"Jumlah KPPS yang diperlukan sebanyak 14.903 orang, dengan jumlah TPS sebanyak 2.129," katanya.

BACA JUGA: KPU Ogan Komering Ulu Buka Lowongan 5075 Anggota KPPS

KPU Lapor DPR Ada 181 Anggota PPK, PPS dan KPPS Meninggal Dunia Selama Pemilu 2024

Dia menyebutkan pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai perekrutan KPPS tersebut kepada masyarakat di wilayah Purbalingga.

"Adapun persyaratannya antara lain merupakan Warga Negara Indonesia, berusia minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun, independen dan tidak sedang menjalani hukuman, nantinya tahapan seleksi akan dimulai dengan seleksi administrasi dan wawancara oleh PPS. Setelahnya PPS menetapkan dalam surat keputusan atas nama KPU," katanya.

Dia menambahkan masa kerja KPPS akan dimulai pada 24 November hingga 23 Desember 2020.

"Nantinya mereka akan bekerja dengan protokol kesehatan yang difasilitasi oleh KPU Purbalingga guna mencegah penyebaran COVID-19," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga akan merekrut 4.258 petugas linmas yang akan bertugas menjaga keamanan di tempat pemungutan suara.

"Kami akan bekerjasama dengan SATPOL PP Kabupaten Purbalingga sedangkan pembiayaan melekat pada angaran KPU Purbalingga," katanya.

Sementara itu dia juga menambahkan bagi seluruh masyarakat yang berminat menjadi KPPS dapat menghubungi petugas PPS di desa kelurahan masing-masing.

"Harapan kami kepada seluruh masyarakat Kabupaten Purbalingga berkenan bergabung menjadi petugas KPPS maupun linmas. Karena dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dan para pemangku kepentingan maka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga bisa berjalan lancar," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya