Ketua Bawaslu Minta Pendukung Paslon Menang di Solo Tak Euforia

Ketua Bawaslu Abhan memberikan keterangan di Sidang Gugatan Pilpres 2019
Ketua Bawaslu Abhan memberikan keterangan di Sidang Gugatan Pilpres 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan, mengapresiasi pelaksanaan Pilkada 2020 secara serentak yang berlangsung lancar meski di tengah pandemi COVID-19. 

"Secara umum pelaksanaan pilkada kemarin di hari pemungutan puncaknya bisa dikatakan berjalan dengan lancar," kata Abhan saat berkunjung di Kantor Bawaslu Solo, Kamis 10 Desember 2020.

Menurut Abhan, penyelenggaraan Pilkada secara serentak 9 Desember kemarin sebelumnya dibayang-bayangi kekhawatiran bakal menimbulkan kerumunan dan klaster baru COVID-19. 

Namun, dalam pelaksanaannya justru muncul kesadaran yang tinggi dari pemilih untuk mentaati aturan protokol kesehatan yang diterapkan di TPS.

"Alhamdulillah kesadaran cukup tinggi untuk datang sesuai dengan surat pemberitahuan dengan batas waktu jam sekian. Saya kita perlu apresiasi kepada masyarakat, yang pertama menggunakan hak pilihnya, kemudian tertib di tempat pemungutan suara dan sebagainya," ujarnya.

Abhan menganjurkan semua pihak untuk menekankan kepada pasangan calon, tim kampanye, partai politik dan masyarakat agar tidak bereuforia terlebih dahulu ketika pasangan calon yang didukung meraih suara tertinggi dalam hitungan cepat. 

Pasalnya, perayaan kemenangan yang berlebih akan menimbulkan kerumuman orang.