LIPI: Berkeras Diri Gelar Pilkada Bukan Sikap Pemerintahan Demokratis

Ilustrasi surat suara pilkada serentak
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendesak pemerintah untuk menunda pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 yang coblosannya dijadwalkan pada 9 Desember. LIPI mendesak itu karena Indonesia masih dala situasi darurat pandemi COVID-19.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

“Kami merekomendasikan kepada pemerintah dan DPR agar menunda pelaksanaan pilkada 2020. Sikap berkeras diri untuk tetap melangsungkan pilkada 2020, bukanlah sebuah sikap bijak dari sebuah pemerintahan demokratis yang terbentuk atas dasar kehendak rakyat,” kata Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Firman Noor sebagaimana dia sampaikan dalam rekaman video Youtube, Kamis, 1 Oktober 2020.

Pernyataan sikap itu, katanya, merupakan aspirasi dari bagian anak bangsa dan komunitas yang peduli dengan pelaksanaan pilkada serentak 2020. Sejatinya, pemilihan umum bagian pesta demokrasi yang dilaksanakan komprehensif, tenang, dan bergembira ria.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Baca: NU Serukan Tunda Pilkada: COVID-19 Telah Mencapai Tingkat Darurat

“Sesuatu yang amat disayangkan jika upaya kita menegakkan implementasi demokrasi sebagai suatu hal yang juga terdapat semangat konstitusi, berujung pada satu hal yang disayangkan dan jadi beban sejarah di masa akan datang,” ujarnya.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Karena itu, Firman berpendapat, demi menghindari hal-hal yang tidak perlu dan mencederai makna pilkada, masih ada kesempatan bagi DPR dan pemerintah untuk mempertimbangkan kembali keputusan pelaksanaan pilkada serentak 2020. (ren)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam rapat konsolidasi PDIP Majalengka

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kondisi demokrasi Indonesia sedang terguncang akibat pragmatis politik berlebihan di Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024