Cagub Jagoan PKS Punya Program Unggulan Demi Impian Kejayaan Sumbar

Calon Gubernur Sumbar sekaligus Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah
Sumber :
  • Info.padang.go.id

VIVA –  Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah sudah menyiapkan sejumlah program untuk memajukan ranah minang jika memenangi Pilkada 2020. Salah satu misi Wali Kota Padang ini dengan mendorong potensi dan keterlibatan pemuda.

Pelanggaran Netralitas ASN Diprediksi Naik 5 Kali Lipat di Pemilu 2024

Politikus PKS itu menyampaikan demikian bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda, Rabu, 28 Oktober 2020. Ia bilang Sumbar harus bisa melahirkan banyak pengusaha muda untuk memajukan ekonomi daerah.

"Kita akan menciptakan lahirnya 100 ribu pengusaha muda atau milenial entrepreneur dengan langkah teknis melalui akademi entrepreneur bidang IT, link investor dan regulasi kepala daerah melalui perbankan bantuan modal pemuda milenial," kata Mahyeldi, dalam keterangannya, Rabu, 28 Oktober 2020.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Mahyeldi juga siap mendirikan Young Center untuk mencetak entrepreneur milenial. Kata dia, Young Center 
juga disiapkan sebagai pusat berkumpul kreativitas pemuda dan milenial skala nasional.

Pun, untuk sektor seni dan budaya maka akan disiapkan pembangunan taman budaya, gedung budaya Sumbar seperti teater, lukis, tari dan lainnya. 

Menurut dia, untuk Young Center akan diproyeksikan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Sumbar untuk memperluas cakupan.

"Karena pemuda memiliki tanggung jawab besar sebagai pemimpin di masa depan, mereka akan memiliki tangung jawab sebaga sosok kaderisasi kepemimpinan daerah negara, dan bangsa," jelas politikus yang akrab disapa Buya tersebut. 

Pun, ia menyebut salah satu program prioritasnya dengan  melanjutkan program percepatan realisasi atau penerapan Undang-undang Kepemudaan. Ikhtiar ini disiapkan untuk menyesuaikan Perda Kepemudaan Nomor 12 Tahun 2017 di Sumatera Barat.

"Di mana lembaga kepemudaan akan diberikan perlakuan atau regulasi khusus seperti Karang Taruna, Pramuka dan OKP lainnya dengan baik di kemudian hari. Perlakuan tersebut akan diminta juga pemda kabupaten/kota untuk membuat perda kepemudaan serupa," tuturnya.

Selain itu, ia menjelaskan akan menyiapkan sarana untuk mendorong kaum muda, milenial bisa aktif, dan berkreasi untuk bisa mencetak pemimpin baru dari ranah Minang. Ia menegaskan, dirinya bersama pasangannya, Audy Joinaldi siap fokus memberikan anggaran sempurna untuk pemuda. 

Ia optimis semua bisa direalisasikan dengan kebijakan visi dan misi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi untuk direalisasikan.

"Karena APBD Provinsi Sumbar terbatas maka di sini juga akan didorong lahirnya pihak ketiga sebagai motor penyempurna gerakan. Jika semua pemikiran di atas bisa diwujudkan, ada keyakinan kejayaan Sumatera Barat, Minangkabau bisa hadir kembali seperti zaman kemerdekaan," ujarnya.

Baca Juga: Gandeng BW, Denny Indrayana Desak Sahbirin Noor Didiskualifikasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya