Daftar Gubernur yang Menang Sementara Versi Real Count KPU

Ilustrasi warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di Pemilu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serentak sudah selesai. Usai warga memberikan hak suaranya, beberapa jam kemudian hasil hitung cepat atau quick count pun bermunculan. Beberapa calon dinyatakan menang menjadi kepala daerah versi hitung cepat lembaga survei.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Kapolri Jenderal Idham Azis mengklaim pelaksanaan pilkada berjalan tertib, aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Idham mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima adanya insiden yang menonjol dari proses pencoblosan Pilkada serentak pada Rabu, 9 Desember 2020. Sementara ini, ia melihat situasi masih berjalan kondusif.

"Kita bersyukur, Pilkada 2020 yang diikuti 270 daerah berjalan dengan aman dan terkendali tanpa adanya gangguan. Semoga kondisi damai seperti ini bisa terus terjaga," kata Idham dikutip dari keterangannya Kamis, 10 Desember 2020.

Iskandar Sitorus Bongkar Ciri-ciri Artis P yang Terlibat Kasus Korupsi Rp4 Triliun

Dirangkum VIVA dari situs resmi KPU, https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp, Kamis, 10 Desember 2020, data yang sudah masuk hingga kini sudah di atas 33 persen. VIVA mendata khusus untuk pemilihan Gubernur di 9 provinsi di Indonesia.

Sumatera Barat

Gubernur di Jepang Mundur Setelah Hina Penjual Sayur dan Peternak Sapi

Tercatat ada 33,26 persen suara yang masuk atau sekitar 4.173 suara dari 12.548 TPS yang ada. Hasilnya, pasangan nomor urut 4 yakni Mahyeldi SP dan Audy Joinaldy memperoleh suara paling tinggi di antara kandidat lainnya yakni 35,1 persen. 

Pasangan nomor urut 1 seperti Mulyadi-Ali Mukhini dapat 25,7 persen suara. Nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra dapat 29,4 persen suara dan terakhir Fahrizal-Genius dapat 9,7 persen suara.

Jambi

Pasangan nomor urut 1 yakni Cek Endra-Ratu Munawarah mendapat 37,7 persen suara. KPU mencatat sudah ada 46,71 persen suara yang masuk.

Sementara pasangan lainnya yakni nomor urut 2 Fachrori Umar-Syafril Nursal  dapat 23,7 persen suara. Nomor urut 3 Al Haris-Abdullah Sani mendapat suara 38,6 persen suara. Artinya, pasangan nomor urut 3 pemenang sementara di Pilkada ini.

Bengkulu

Untuk Pilkada Bengkulu, pasangan nomor urut 2 yakni Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah menjadi pemenang sementara di Pilkada ini. Itu berdasarkan real count KPU dengan suara yang sudah masuk sebanyak 44,76 persen suara. Rohidin diketahui dapat suara 42,7 persen.

Sementara rivalnya yakni pasangan nomor urut 1 Helmi Hasan dan Muslihan dapat 32 persen. Pasangan nomor urut 3 Agusrin dan Imron Rosyadi dapat 25,3 persen suara.

Kepulauan Riau

Pasangan nomor urut 3 Anshar Ahmad dan Marlin jadi pemenang sementara di Pilkada ini. Mereka mendapatkan 44,1 persen suara dari data yang sudah masuk hingga pukul 10.57 WIB sebanyak 36,48 persen.

Pasangan nomor urut 1 Soerya Respationo-Iman Sutiawan dapat 21 persen suara dan nomor urut 2 Isdianto-Suryani dapat 34,9 persen suara.

Kalimantan Tengah

Pasangan incumbent Sugianto Sabran-Edy dengan urutan nomor 2 menang sementara di Pilkada ini dengan memperoleh suara 52,3 persen suara. Data yang sudah masuk ke KPU sebanyak 37,49 persen atau 2.266 dari 6.045 TPS.

Sementara pesaingnya nomor urut 1 Ben Brahim dan Ujang Iskandar memperoleh suara 47,7 persen suara. 

Kalimantan Selatan

Pasangan nomor urut 2 yakni Denny Indrayana dan Difriadi Derajat unggul sementara dengan perolehan suara 52,3 persen. Ini berdasarkan real count dari KPU dengan data yang sudah masuk sebanyak37,49 persen.

Sementara lawannya pasangan nomor urut 1 Sahbiron Noor Muhidin dapat perolehan suara 48,4 persen suara.

Kalimantan Utara

KPU mencatat, pasangan nomor urut 3 Zainal Ariifn- Yansen TP menang sementara dengan perolehan suara 46,5 persen suara dari jumlah yang masuk sebanyak 37,33 persen suara.

Pasangan nomor urut 1 Udin Hianggio-Undunsyah, dapat 22,7 persen suara dan urutan 2 Irianto Lambrie-Irwan Sabri dapat 30,8 persen suara.

Sulawesi Utara

Pasangan nomor urut 01 adalah Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar yang diusung Partai Golkar, PAN, dan Partai Demokrat dapat 31,9 persen suara.

Sedangkan pasangan urut 02 adalah Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene yang diusung Nasdem dan PKS ini dapat 9,8 persen suara.

Dan pasangan urut nomor 03 adalah Olly Dondokambey-Steven O.E Kandouw diusung PDI-P, Gerindra, PKB, dan PSI, unggul sementara dengan perolehan suara 58,2 peran suara dari data yang masuk sebanyak 26,30 persen.

Sulawesi Tengah

Pasangan calon nomor urut 01 Hidayat-Tandigala didukung PDI-P dan Partai Gerindra dapat suara sebanyak 41,1 persen 

Sementara paslon nomor urut 02, Rusdi-Ma'mun diusung Partai Golkar, Nasdem, PKB, PKS, Demokrat, Perindo, PPP, Hanura dan PAN dapat 58,9 persen suara. Data yang sudah masuk sebanyak 32,02 persen.

Baca juga: FPI: Laskar Ditembak dari Dekat di Jantung dan Mata

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya