Dapatkah Nyamuk Sebarkan Corona Covid-19? Cek Faktanya

Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk di kawasan kota Temanggung, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA – Di tengah wabah virus Corona atau Covid-19, jangan lupakan juga adanya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk aedes aegypti. Ada kekhawatiran nyamuk bisa menyebarkan Covid-19.

Kemasan Barang Impor Berpotensi Bawa Virus Corona

Verifikasi Fakta
Dalam laman website resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dijelaskan Covid-19 tidak dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk. Hingga kini, WHO juga belum menerima informasi atau bukti yang menunjukkan Covid-19 dapat ditularkan nyamuk.

"The new coronavirus is a respiratory virus which spreads primarily through droplets generated when an infected person coughs or sneezes, or through droplets of saliva or discharge from the nose," kutip dari laman WHO.

Data Corona Indonesia 4 Juli: 62.142 Positif, 3.089 Meninggal

Bila diterjemahkan artinya virus Corona baru adalah virus pernapasan yang menyebar melalui tetesan yang dihasilkan orang terinfeksi yang batuk atau bersin, juga cairan dari hidung.

WHO juga menyarankan agar masyarakat harus rajin membersihkan tangan dengan cairan yang memiliki kandungan alkohol atau sabun dan air. Kontak dengan orang yang batuk dan bersin juga tidak disarankan.

Survei: Publik Tak Puas Kinerja Pemerintah dalam Penanganan Covid-19
Virus corona COVID-19.

Kasus Corona di Indonesia Lampaui China, Ini Tanggapan Dirjen P2P

Yuri sebut data itu bukan balap-balapan

img_title
VIVA.co.id
26 Juli 2020