Cek Fakta: Beredar Foto Jokowi Salah Sikap saat Salat

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Facebook yang menampilkan foto Presiden Joko Widodo sedang salat.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah akun Facebook bernama Suhermanto Yasduri membagikan foto Presiden Joko Widodo yang berpeci sedang berdiri dengan kedua tangan bersedekap--salah satu sikap/gerakan dalam salat.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Namun, akun Suhermanto Yasduri menuliskan keterangan "Jika anda seorang Muslim, pasti tahu kesalahan yang orang ini” pada foto yang dia bagikan. Yang dimaksud Suhermanto Yasduri ialah posisi kedua tangan Jokowi bersedekap yang tangan kirinya berada di muka, seharusnya (atau dianjurkan) dalam posisi sebaliknya.

HASIL CEK FAKTA

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Facebook yang menampilkan foto Presiden

Tangkapan layar (screenshot) halaman akun Facebook milik Presiden Joko Widodo ya

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Pelintiran daur ulang. Foto hasil SUNTINGAN, dibalik (flip), yang asli adalah foto publikasi tahun 2016.

(1) First Draft News: Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu; Konten yang dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

(2) Salah satu sumber foto asli, “Info Seputar Presiden” (facebook.com/ISPresiden): ““Pertama-tama, terimakasih atas doa dan zikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan usai pelaksanaan salat Jumat di lapangan Taman Monas, Jakarta, Jumat (2/12) siang. Pekikan takbir dari Presiden Jokowi langsung disambut dengan pekikan yang sama oleh ratusan ribu peserta doa bersama.

Foto : Biro Pers Setpres”.

KESIMPULAN

Foto yang diunggah oleh akun Suhermanto Yasduri itu adalah pelintiran daur ulang karena hasil suntingan dari foto asli dengan cara dibalik (flip), sementara foto yang asli adalah foto publikasi tahun 2016. Dalam foto aslinya, posisi lengan Jokowi bersedekap ialah lengan kanan berada di muka dan menutupi lengan kirinya--posisi yang benar atau dianjurkan.

RUJUKAN

https://turnbackhoax.id/2019/03/27/salah-lengan-kanan-dekap-lengan-kiri/

https://turnbackhoax.id/2020/06/10/salah-jika-anda-seorang-muslim-pasti-tahu-kesalahan-yang-orang-ini/

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya