Baju Adat China di Uang Baru Pecahan 75 Ribu Rupiah, Cek Faktanya

Hoax foto pakaian adat China di uang baru pecahan 75 ribu
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Didid Gaung mengunggah foto uang baru pecahan 75 ribu rupiah edisi spesial kemerdekaan HUT RI yang ke-75. Dalam unggahannya, akun Facebook itu mengklaim bahwa gambar pada bagian uang tersebut terdapat seorang anak yang mengenakan pakaian adat Thiongkok, China.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Berikut narasinya:

“PEMERINTAH SAAT INI BENARKAH ADA MENGELUARKAN UANG KERTAS BANK INDONESIA DENGAN NOMINAL PECAHAN UANG BERNILAI 75 RIBU dan ADA YANG TIDAK LAZIM KARENA DI UANG INI HANYA ADA BAJU ADAT THIONGKOK CHINA…KUMAHA TEH,KAMANA NYAK SILIWANGI…???”

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Hasil Cek Fakta

Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 17 Agustus 2020, meluncurkan uang rupiah baru dalam rangka memperingati kemerdekaan yang ke-75 tahun Republik Indonesia. Uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi melainkan edisi khusus untuk dikoleksi.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

BI menyatakan, pada bagian muka filosofi desain uang tersebut adalah mensyukuri dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh proklamator Insinyur Soekarno dan Doktorandus Mohammad Hatta.

Sementara, halaman belakang bermakna memperteguh kebhinekaan dengan anak-anak berpakaian adat yang mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berdasarkan penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim bahwa terdapat baju adat Tiongkok, China, pada gambar pecahan uang 75 ribu rupiah adalah salah. Faktanya, Baju tersebut merupakan baju adat dari Suku Tidung, Kalimantan Utara.

Salah satu akun facebook @/sejarahtidung turut mengunggah foto seorang anak yang memakai baju adat Suku Tidung dengan disandingkan foto uang pecahan 75 ribu rupiah.

Suku Tidung merupakan suku yang tanah asalnya berada di bagian utara Pulau Kalimantan (Kalimantan Utara). Suku ini juga merupakan anak negeri di Sabah, jadi merupakan suku bangsa yang terdapat di Indonesia maupun Malaysia (negeri Sabah).

Suku Tidung sendiri memiliki identitas lain yang merujuk pada konteks budaya yaitu melalui pakaian adat. Pakaian adat yang terdiri Pelimbangan dan Kurung Bantut (Pakaian Sehari-hari), selampoy (pakaian adat), Talulandom (pakaian resmi), dan Sina Beranti (pakaian Pengantin).

Proses rekonstruksi pakaian adat sebagai identitas etnis Suku Tidung Ulun Pagun menemukan momen yang tepat seiring dengan perubahan status Tarakan dari kota administratif menjadi kotamadya, dimana pakaian tersebut kemudian “diakui” sebagai pakaian daerah kota Tarakan. Pakaian Adat Suku Tidung sebagai identitas etnis dan sekaligus sebagai identitas daerah kota Tarakan.

Kesimpulan

Bukan baju adat Thiongkok Cina. Baju yang dikenakan anak dalam gambar di pecahan uang 75 ribu rupiah tersebut adalah baju adat Suku Tidung, Kalimantan Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya