Cek Fakta: Partai Islam Belgia Minta Pemerintah Adopsi Hukum Syariah

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Twitter mengunggah video wawancara portal berita Rusia yang menginformasi permintaan untuk pemerintah Belgia mengikuti hukum syariah Islam dan mendeklarasikan diri sebagai negara Islam.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Twitter @chittukuruvi4 mengunggah video wawancara portal berita Rusia yang menginformasi permintaan untuk pemerintah Belgia mengikuti hukum syariah Islam dan mendeklarasikan diri sebagai negara Islam. Permintaan itu datang dari Partai Islam Belgia setelah pemilu dilaksanakan. Akun @chittukuruvi4 menulis cuitan itu pada 18 April 2022, sehingga cuitannya merujuk kepada pemilu Belgia 2024.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, video itu telah beredar sejak 2012. Akun YouTube “SuperSheenTV” mengunggah video yang sama pada 31 Oktober 2012.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Terlebih lagi, tulisan berita berjalan yang terlihat di bagian bawah siaran bertuliskan “Deadly superstorm Sandy forces Obama and Romeny to suspend election campaigns”. Sandy superstorm terjadi di New Jersey pada 27 Oktober 2012 dan kampanye Obama juga tidak mungkin terjadi pada tahun 2022.

Hoaks serupa pernah dibahas sebelumnya oleh media India Today dengan judul “Fact Check: This news report on Belgium Islam Party’s plans to form Islamic State is a decade old”.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @chittukuruvi4 merupakan konteks yang salah.

KESIMPULAN

Informasi yang salah. Video yang menjelaskan tentang Partai Islam Belgia meminta Belgia mengadopsi hukum syariah sudah beredar sejak 2012, bukan untuk pemilu Belgia 2024.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9712

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya