Cek Fakta: Video Salju Turun di Padang Bulan, Kota Medan

Tangkapan layar unggahan video dengan klaim salju turun di Padang Bulan, Kota Medan.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Video dari Tiktok dengan judul “Padang bulan kota Medan Sumatera Utara turun salju” dibagikan di Facebook, 25 Mei 2022. Pengungah video berdurasi 30 detik itu menuliskan narasi bahwa penampakan mirip salju itu adalah bencana. “Subananaallah kuasa allah yg terjdi di Medan ini, lokasi di Padang bulan bertubi tubi bencna alam,” tulis akun tersebut.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Video itu menunjukkan ruas jalanan yang dipenuhi kendaraan, melintas di atas buih-buih putih. Seorang pria yang merekam video itu meneriakkan, “Salju..salju di Padang bulan.”

HASIL CEK FAKTA

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Buih-buih putih di ruas jalanan dalam video tersebut bukanlah salju, melainkan busa dari sabun cair yang tumpah. 
Dilansir dari Cekfakta.com, Tempo menggunakan kata kunci di Google dan menemukan video serupa pernah dimuat di kanal Youtube pada 23 Oktober 2019 dengan judul “Hujan salju di medan padang bulan”.

Dengan membandingkan dengan pemberitaan media yang dimuat saat itu, Tempo mendapatkan keterangan dari Detik.com bahwa busa muncul di ruas Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara. Jalan yang diselimuti busa mencapai sekitar 10 sampai 20 meter.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Menurut warga yang diwawancarai, busa tersebut muncul karena ada deterjen yang jatuh dari mobil. Hujan yang turun menyebabkan busa muncul dan menutupi jalan.

Dari Tribunnews Medan, warga di sekitar melihat ada satu bak besar kendaraan yang berisikan sabun cair. Hujan melanda dan kenderaan melaju, busa semakin banyak dan menempel di kendaraan yang melintas.

Video munculnya busa di jalanan Padang bulan juga dimuat oleh Tribun Medan dengan judul Video Jalan Jamin Ginting Medan Mendadak Berbusa.

KESIMPULAN

Hasil pemeriksaan fakta Tempo menunjukkan, video yang diklaim salju turun di Padang bulan, Kota Medan, Sumatera Utara, adalah menyesatkan. Buih-buih putih di ruas jalanan dalam video tersebut bukanlah salju, melainkan busa dari sabun cair yang tumpah. 

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9859

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya