Cek Fakta: Penyelundupan Wanita Tuna Susila dari Cina

Jepretan layar informasi di media sosial dengan klaim tentang upaya penyelundupan 36 orang WTS (wanita tuna susila) dari Cina yang diketahui saat para wanita itu turun dari kontainer di Medan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Beredar informasi di media sosial dengan klaim tentang upaya penyelundupan 36 orang WTS (wanita tuna susila) dari Cina yang diketahui saat para wanita itu turun dari kontainer di Medan, Sumatera Utara.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Narasi:

“Penyelundupan sebanyak 36 orang WTS (Wanita Tuna Susila) dari Cina …… baru turun dari Kontainer di Medan Maimun, SUMUT. ……. Benar-benar menjadi KENYATAAN bahwa di REZIM JOKOWI DHOLIM skrg ini Indonesia udh dikuasai oleh CINA, Astaghfirulloh l-‘azhiim !”.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

HASIL CEK FAKTA

SUMBER membagikan video orang-orang yang sedang turun dari Kontainer untuk mengikuti acara “Medan Automotive Festival 2022” dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan SALAH. Salah satu foto truk dengan ciri-ciri yang identik dengan truk yang berada di video, gambar dan tulisan “TACINTO SAYANGNYO URANG” milik perusahaan ACC Logistik.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Gambar logo di samping truk yang identik dengan gambar di kaos salah satu personel yang melintas di video. Salah satu video berkaitan dengan acara yang sedang diikuti, deskripsi video: “Medan automotive festival 2022”

KESIMPULAN

BUKAN penyelundupan dan TIDAK berkaitan dengan Tiongkok. FAKTANYA, video yang dibagikan memperlihatkan orang-orang yang sedang turun dari Kontainer untuk mengikuti acara “Medan Automotive Festival 2022”.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10182

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya