Cek Fakta: Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Mencapai Rp6 Miliar

Jepretan layar artikel yang berjudul “Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN mencapai Rp 6 Miliar” beredar di media sosial dan tampak bahwa artikel tersebut dibuat oleh media Wartakota.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Sebuah unggahan di media sosial Facebook menampilkan hasil jepretan layar artikel yang berjudul “Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN mencapai Rp 6 Miliar”. Dalam unggahan ini, tampak bahwa artikel tersebut dibuat oleh media Wartakota.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

HASIL CEK FAKTA

Namun setelah ditelusuri mengenai artikel dengan judul serupa, ditemukan fakta bahwa artikel tersebut bukan diterbitkan atau diunggah oleh media Wartakota. Melalui laman pencarian menggunakan Google Search Image, tangkapan layar tersebut merupakan tampilan artikel dari media tempo.co. Hal ini dapat dilihat dari judul yang serupa serta pemilihan gambar yang serupa pula.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

Jadi dapat disimpulkan bahwa tangkapan artikel Wartakota yang berjudul “Viral Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN mencapai Rp 6 Miliar” merupakan hoaks kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

KESIMPULAN

Ahmad Basarah: PDIP Siap Jadi Koalisi ataupun Oposisi

Faktanya, tangkapan layar artikel pada unggahan Facebook tersebut merupakan artikel yang diterbitkan oleh media tempo.co, bukan media Wartakota.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10181

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya